Breaking News

Ini Data Sementara Nilai Kerusakan Lahan Pertanian Akibat Banjir Bima

Wabup Dahlan Mengecek Kondisi Dam Pasca Banjir Bandang di Kecamatan Monta.


Bima, Berita11.com— Hingga kini Pemerintah Kabupaten Bima masih menghimpun data nilai kerusakan akibat banjir bandang yang terjadi Minggu (26/3/2017) lalu. Berdasarkan hasil pendataan sementara pemerintah, setidaknya ada lima kecamatan  yang terdampak banjir akhir pekan lalu.

Kasubag Protokol Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si menyebutkan, berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, nilai kerusakan sementara lahan pertanian mencapai ratusan hektar.

Rinciannya, di Kecamatan Monta nilai kerusakan yaitu padi sebanyak 52 hektar dan bawang merah 54,5 hektar. Di Kecamatan Sape nilai kerusakan padi 2 hektar, sementara di Kecamatan Palibelo padi yang terendam 165 hektar, sedangkan di Kecamatan Langgudu masih dilakukan pendataan.

Pasba banjir bandang, Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M. Noer, MPd mengecek kegiatan sejumlah satuan pendidikan dengan melaksanakan inspeksi mendadak di sejumlah sekolah seperti di SDN Rabakodo Kecamatan Woha.

Wabup Dahlan menginstruksikan kepada Kepala Dinas Dikbupora dan Kepala UPT Dikbudpora Kecamatan Woha agar mengivetarisasi nilai kerusakan akibat banjir.   Selain itu, Wabup juga melaksanakan Sidak di  SMPN 1 Monta dan mengunjungi Dam So Bote Nao di Desa Sie Kecamatan Monta.

Ketika Sidak berlangsung, Wabup Dahlam meminta Camat Monta, Kepala UPT Dinas Dikbudpora dan pihak sekolah segera berkoordinasi menangani dampak banjir sehingga dampak pasca banjir tidak berlarut-larut.

“Nanti, setelah itu laporan disampaikan kepada kepala daerah, Bupati dan Wakil Bupati akan terus melakukan komunikasi intensif dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar  dana APBN dan APBD Provinsi dapat dimanfaatkan untuk mendukung rehabilitasi ruang belajar yang terdampak bencana,” ujar Dahlan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos. (AN)

No comments