Breaking News

Ini Iven yang Disiapkan Dispar Kabupaten Bima Memeriahkan FPT




Bima, Berita11.com— Untuk memeriahkan Festival Pesona Tambora (FPT) yang rutin digelar sejak tahun 2015 lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima akan menggelar iven tahunan yang akan memeraihkan festival tersebut. Sejumlah iven tahunan yang disiapkan yaitu Festival Kopi Tambora, Sakosa Bike Tour 70K dan Trabas, Jelajah Alam bertema Tambora Bima Challenge 2017.

Sakosa Bike Tour 70K akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2017 mendatang yang mulai di Pantai Lariti dan berakhir di Taman Wisata Pantai Kalaki. Kegiatan bersepeda ini akan melalui tiga etape  yaitu Uma Lengge. Di lokasi tersebut peserta menyaksikan pentas seni. Selain itu di Asi Mbojo  (museum touring). Etape lainnya di Lawata, menyaksikan Festival Lawata,

Setelah itu peserta dijadwalkan menuju Taman Wisata Kalaki menyaksikan Pameran Ekonomi Kreatif dan peresmian Taman Wisata Kalaki sebagai salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Bima.

Sementara itu, Trabas dan Jelajah Alam Tambora Bima Challenge 2017 akan dilaksanakan 11 April 2017. Rencananya kegiatan itu start di Oi Tampiro menuju Kaldera Tambora, kemudian menuju Sanggar Agro dan finish di Labuan Kananga.

Trabas dan Jelajah Alam bertema "Tambora Bima Challenge 2017" bertepatan dengan puncak acara Festival Pesona Tambora 2017 di Doro Ncanga yang rencananya akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo.

Pasca itu, 12 April 2017, Dispar Kabupaten Bima melaksanakan Festival Kopi Tambora yang berlokasi di Dusun Tambora, Desa Oi Bura, Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Wilayah Dusun Tambora berada di lereng Tambora yang merupakan pusat penghasil kopi Ttambora yang khas. Di tempat itu  banyak ditemukan peninggalan-peninggalan arkeologi sisa letusan Gunung Tambora. Selain itu juga terdapat beberapa bangunan peninggalan kolonial berupa kantor, rumah, dan pabrik kopi. (US/*)

No comments