Breaking News

International Women’s Day, ini Pendapat Siswa SMKN 1 Kota Bima

Indriani dan Suliastri saat Prakerin di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima.


Bima, Berita11.com—Hari perempuan internasional (International Women’s Day) merupakan momentum kebangkitan bagi kaum hawa. Hal itu juga setidaknya yang dirasakan oleh dua siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Bima, Baiq Indriani dan Suliastria.

Menurut tiga bersaudara, alumni MTs Satap Bima ini, sudah saatnya perempuan bangkit menjadi yang terbaik di tengah masyarakat, sekolah dan berbagai institusi. “Kalau laki-laki bisa kenapa kita perempuan tidak bisa? Sama saja kami juga bisa,” katanya.

Atas persepsi itu, remaja kelahiran Bima 14 Juli 2000 ini bercita-cita menjadi wanita karir. Itu merupakan impiannya sejak kecil. Setelah menuntaskan pendidikan pada Program Keahlian Perkantoran SMKN 1 Kota Bima, Indriani ingin langsung bekerja.
“Kalau bisa inginnya jadi pegawai, wanita yang berkarir,” ujar putri kedua pasangan Lalu Muhammad Hakiki dan Maharani ini.

Sependapat dengan Indriani, menurut siswi SMKN 1 Kota Bima lainnya, Suliastri, prestasi perempuan tidak kalah dengan kaum adam. Bahkan perempuan sudah masuk pada berbagai lini. “Banyak teman-teman siswi yang meraih prestasi. Semuanya sama,” katanya.

Zuliastri mengaku setiap hari rutin membantu orangtuanya tidak terganggu oleh sekat gender. Beberapa bulan terakhir, Zuliastri dan Indriani juga membantu pegawai Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima karena sedang melaksanakan praktik kerja industri (Prakerin) di SKPD setempat. (US)

No comments