Breaking News

Jumlah Pengangguran di Kabupaten Sumbawa Mencapai 12.723 Orang

Wabup Sumbawa saat Mengunjungi Stand Job Fair.


Sumbawa, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa mencatat jumlah warga Samawa yang mengganggur hingga awal tahun 2017 sebanyak 12.723 orang atau 5,81 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, Ir Syafruddin Nur saat seminar dan bursa kerja (job fair) Sumbawa yang berlangsung di hotel Parahiyangan, Selasa (21/3/2017).

Saat job fair, sedikitnya ada 2.2017 lowongan yang disediakan 40 perusahaan bertaraf nasional dan internasional seperti BUMN.selain perusahaan milik negara, sejumlah perusahaan yang mengikuti job fair diantaranya yaitu Bio Greenland, Bali Seafood International, PT. Jiwasraya, PT. Samawa Tirta Alam, PT. Prima Daihatsu, PT. Yakult Indonesia Persada, Alfamart, Indomart, PT. Permodalan Nasional Madani (Persero), PT. AJB Bumi Putra, PT. Moyo Safari Abadi (Amanwana).

Syafruddin Nur menjelaskan, job fair digelar untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja secara langsung sehingga mempermudah proses penempatan tenaga kerja.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah tak menampik jika setiap tahun pengangguran terbuka meningkat. Hal itu disebabkan berbagai sektor seperti pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi, kesempatan kerja yang masih rendah, pedayagunaan tenaga kerja yang masih rendah, tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja yang masih rendah.

“Menjadi perhatian bersama untuk terus berupaya mengurangi angka pengangguran terbuka tersebut. Salah satunya adalah dengan diselenggarakan kegiatan pameran kesempatan kerja di Kabupaten Sumbawa,” kata H Mahmud seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Sumbawa, M Lutfi Maki, M.Si.

Mahmud berharap kegiatan job fair dimanfaatkan masyarakat secara maksimal untuk memperoleh pekerjaan. “Kepada Dinas Nakertrans Kabupaten Sumbawa agar terus diupayakan supaya event ini dapat menjadi agenda tahunan. Sebab banyak memberi manfaat langsung kepada masyarakat. Kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Sumbawa, saya meminta agar semakin banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini,” harap haji Mo sapaan akrab Wabup Sumbawa, Drs H Mahmud. (ST)


No comments