Breaking News

Kades Leu Apresiasi Partisipasi Peserta KKN STKIP Bima

Kades Leu, Muhammad Taufik, S.Ag. Foto Hamid Berita11.com


Bima, Berita11.com— Kepala Desa Leu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima mengapresiasi partisipasi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) STKIP Bima yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa setempat.

“Saya secara pribadi dan pemerintah menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap mereka. Karena mampu memberikan wacana dan edukasi yang baru,” katanya kepada Berita11.com di Desa Leu, Jumat (10/3/2017).

Ia mengatakan dari segi fisik, mahasiswa telah membantu dalam mendampingi program desa. Seperti program pemanfaatan lingkungan terpadu, penataan kebun desa dan mengaktifkan PKK serta membantu pelayanan pos pelayanan terpadu (Posyandu).

“Hari-hari mereka selama di desa hampir tidak pernah ada istirahat. Semua hasil observasi dan survei pada saat mereka datang itu sudah kelipatan sepuluh dari jadwal program kerja yang disusun,” imbuhnya.

Selain itu, mahasiswa juga mengajak masyarakat desa untuk menjaga kebersihan lingkungan melalui program penyediaan tempat pembuangan sampah pada titik-titik ideal permukiman secara bersinambung dan berkelanjutan.

“Bukan lagi nyata dan terukur tapi sudah tidak terukur. Karena menurut saya kehadiran mereka ternyata benar-benar membantu,” ujar dia.

Dalam bidang administrasi mahasiswa melaksanakan program pendataan dan pemutakhiran jumlah penduduk. Mereka juga melakukan pendataan secara aktual dengan menempel nomor rumah dan mewawancarai warga terkait manfaat dana desa dan keberpihakan pemerintah desa. Sehingga Pemdes dapat memetakan masalah yang dihadapi warga.

“Jauh dari disiplin ilmu yang mereka miliki. Tapi kita arahkan mereka betul-betul mengabdi dan berkarya,” pungkasnya. (ID/*)



No comments