Breaking News

KPU Dompu Gelar Seminar Pendidikan Pemilih di STKIP Yapis Dompu

Seminar Pendidikan Pemilih di Kampus STKIP Yapis Dompu, Kamis (30/3/2017)


Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar seminar pendidikan pemilih yang bertajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pemilu Berkualitas di kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Yapis Dompu, Kamis (30/3/2017) pagi.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto menjelaskan, seminar merupakan salah satu program KPU dalam rangka mendorong pendidkan pemilih.

Kegiatan seminar juga merupakan pintu untuk membangun silaturahmi dan sinergitas antara penyelenggara Pemilu dengan perguruan tinggi. Harapannya, muncul ide-ide kreatif dan inovatif untuk mendorong Pemilu berkualitas.

“Sebagaimana kita ketahu kampus memiliki potensi SDM yang cukup besar dan tentunya dengan kualitasnya kampus bisa menyampaikan pandangannya terkait pembangunan bangsa dan daerah dalam Pemilu,”  jelas Rusdy.
Sebagaimana diketahui Pemilu serentak yang dimulai sejak tahun 2015, 2017 dan 2018 membutuhkan energi yang begitu besar dari penyelenggara, peserta dan khususnya pemilih.

“Kampus memiliki peran yang strategis, tidak hanya menjadi pemilih merupakan kader politik untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa,” ujar Rusdy.

KPU Kabupaten Dompu juga mendorong perguruan tinggi agar membuka diri terhadap calon pemimpin masa depan bangsa dengan cara terlibat dalam dialog yang bersifat akademik.

“Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengahdirkan dialog-dialog antar figur-figur calon mimpin yang dapat disosialisakan kepada masyarakat,” katanya.

Melalui dialog diharapkan menghilangkan stigma stigma negatif, terutama tentang politik uang (money politics)“Kampus memiliki peran dalam menghilangkan stigma-stigma negatif itu,” ungkap Rusdy.  

Sementara itu, Ketua STKIP Yapis Dompu Muhammad Gunawan menyambut baik apa yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Dompu mendorong peran perguruan tinggi dalam mewujudkan Pemilu berkualitas.

“Apapun kebutuhan KPU yang berhubungan dengan kampus,  kami siap secara akademis membantu sumbangsih ide dan gagasan bahkan tenaga,” isyaratnya. (RUL)



No comments