Breaking News

LHP 72 Desa Masalah Pengadaan Monografi Dilimpahkan ke Kejari

Ir H Moh Syaiful HS, M.Si. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Hingga kini Inpsektorat Kabupaten Dompu memeriksa sedikitnya 72 desa terkait masalah pengadaan monografi atau papan informasi desa tahun anggaran 2016 lalu. Laporan hasil pemeriksaan (LHP) itu sebagian sudah dilimpahkan kepada pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu.

Kepala Inspektorat Kabupaten Dompu, Ir H Moh Syaiful HS, M.Si mengungkapkan, penanganan masalah pengadaan monografi 72 desa di Kabupaten Dompu dilakukan melalui pemeriksaan reguler.

“Ada 72 desa yang kami periksa terkait pengadaan papan monografi dan sistem informasi desa tersebut. Hal itu lakukan melalui pemeriksaan secara reguler selama ini,” ungkap Moh Syaiful kepada Berita11.com di Inspektorat Kabupaten Dompu, Rabu (8/3/2017).

Bagaimana hasil akhir pemeriksaaan itu? Syaiful tidak mau menyebutkannya dan menyarankan agar mengonfirmasi pihak Kejari. Namun dipastikannya, LHP terkait pegadaan papan monografi puluhan desa itu sudah diserahkan kepada pihak Kejari.

“Hal ini kami lakukan sebagaimana yang diminta oleh pihak Kejaksaan Negeri Dompu guna menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat,” jelasnya.

Diakuinya, selama ini pemeriksaaan terhadap 72 desa itu dilakukan secara reguler. Yaitu langsung ke setiap desa menanyakan terkait pengadaan papan monografi itu.

“Kami sebelumnya sudah memeriksa pihak-pihak terkait terutama kepala desa dan pihak ketiga yang mengerjakan monografi desa tersebut,” terangnya.

Informasi yang dihimpun Berita11.com,  bahwa seluruh Pemerintahan Desa di Kabupaten 
Dompu diwajibkan memiliki papan monografi  (sistem informasi desa). Ketentuan itu sebagaimana tertuang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 113 Tahun 2015.

Pengadaan papan informasi desa di Kabupaten Dompu dikerjakan oleh PT KMN, beralamat jalan Layang Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kantor cabang penyalur yaitu CV WMA, beralamat di jalan Lintas Tonda-Woro Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. (RUL)

No comments