Breaking News

Pembangunan Desa bukan “Seenak Hati” Kades, Musyawarah harus Diutamakan!

Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Bima saat Menyasar Desa Ndano Nae.


Bima, Berita11.com— Penetapan kebijakan dan program pembangunan desa bukan berdasarkan selera dan ego kepala desa. Namun harus berdasarkan hasil musyawarah. Untuk itu, Kades harus menjaring dan menampung aspirasi masyarakat sebagai tolok menyusun program.

Wakil Ketua Tim Penilai Lomba Desa tahun 2017 tingkat Kabupaten Bima, Drs Gunawan meminta Kades agar mengedepankan musyawarah sebelum menetapkan kebijakan pembangunan. Hal itu juga sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa.

“Maka kepala desa diamanatkan untuk mengedepankan musyawarah dalam berbagai penetapan kebijakan dan program pembangunan di desa,” ujar Gunawan seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos, Kamis (30/3/2017).

Menurut Gunawan, untuk memastikan program pembangunan mulus, maka musyawarah sangat penting  karena program pembangunan desa harus selaras sesuai kebutuhan dasar masyarakat.

“Ada empat bidang penting yang menjadi dasar pelayanan masyarakat yaitu sandang papan, pendidikan, kesehatan dan keamanan dan ketertiban,” katanya saat kunjungan tim penilai lomba desa.

Diharapkannya,  setiap Kades  senantiasa berembuk dengan lembaga-lembaga  dan tokoh masyarakat,tokoh pemuda dan tokoh agama di desa sehingga program pembangunan di desa dilaksanakan secara transparan dengan mengedepankan aspek kebersamaan. (AN)

No comments