Breaking News

Pemdes Leu Siapkan 20 Tong Sampah pada Jalur Protokol

20 Tong Sampah yang Disiapkan Pemerintah Desa Leu. Foto Hamid Berita11.com.


Bima, Berita11— Pemerintah Desa (Pemdes) Leu Kecamatan Bolo Kabupaten Bima berupaya menciptakan kebersihan sepanjang waktu dengan menyiapkan tong sampah untuk masyarakat. Sebanyak 20 tong sampah telah ditempatkan di pinggir jalur protokol di desa setempat.

Kepala Desa Leu Muhammad Taufik S. Ag menjelaskan pengadaan tong sampah merupakan salah satu program Pemerintah Desa Leu pada tahun 2016. Penempatan tong sampah pada pinggir jalan negara sengaja dilakukan untuk membiasakan masyarakat tidak membuang sampah pada saluran air.

“20 unit ini kita konsentrasikan dulu di depan jalur protokol. Kita berharap tidak ada lagi sampah terlihat di saluran irigasi dan drainase. Sehingga desa lebih bersih dan indah dipandang,” katanya kepada Berita11.com di Desa Leu, Rabu (22/3/2017).

Penambahan tempat penampungan sampah di lingkungan permukiman akan dilakukan tahun ini secara swadaya bersama masyarakat. penyiapan itu dilakukan dengan cara memanfaatkan barang yang tidak terpakai.

“Selanjutnya kita akan buat dari barang tidak terpakai seperti, drum bekas, papan kayu dan bambu bekas bisa dimaksimalkan supaya tidak menjadi limbah,” katnaya.

Ia mengatakan tong sampah yang disediakan untuk dua jenis sampah, organik dan anorganik. Untuk mengatasi kecenderungan masyarakat yang tidak bisa membedakan dua jenis sampah, pihak desa akan membantu untuk memisahkannya.

Selain itu, pemerintah desa setempat juga berencana menyediakan tempat sampah pada permukiman warga yang tinggal di bantaran sungai. Itu dilakukan agar mengedukasi masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Tahun 2017 tidak ada dalam APBDes. Kalau berjalan maksimal, kemungkinan tahun depan akan kita tambah tiap empat rumah warga. Di pinggir sungai kita juga arahkan tidak lagi buang sana dengan adanya tong sampah,” tandasnya. (ID/*)

No comments