Breaking News

Pemerintah Bentuk Kelompok Penggerak Kamtibmas

Drs Abdul Farid. Foto Hamid Berita11.com



Kota Bima, Berita11.com— Salah satu keseriusan Pemerintah Kota Bima dalam upayanya menjaga keharmonisan sosial yaitu dengan membentuk beberapa kelompok penggerak keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Diharapkan dengan adanya motor penggerak kamtibmas, situasi kondusif daerah dapat terjaga.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bima, Drs Abdul Farid mengatakan pembentukan kelompok sesuai dengan surat keputusan Wali Kota Bima yang mengintrusikan pembentukan Forum Penanganan Konflik Sosial Kota Bima.

Forum yang dibentuk akan bekerja memetakan dan mendata kondisi pasca dan setelah terjadinya konflik. Personil yang terlibat terdiri dari pejabat instansi terkait, camat serta beberapa elemen dalam masyarakat.

“Kerja mereka yaitu memberikan status terkini mengenai konflik yang terjadi kepada Walikota Bima,” kata dia kepada Berita11.com di Badan Kesbangpol Kota Bima, Rabu (1/3/2017).

Selain itu, kata dia pemerintah juga telah membentuk tim penanganan terpadu yang disingkat dengan nama Timdu. Tujuan utama pembentukan Timdu  menjaga keamanan dan memediasi konflik sosial agar tidak  membias.

“Bila ada konflik, mereka bergerak cepat menangani agar tidak melebar. Jadi pemerintah sangat serius dalam menangani masalah,” tegasnya.

Farid menambahkan pada Februari lalu telah diadakan rapat pengurus Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Kota Bima 2017. Kegiatan membahas mengenai pemetaan dan penanganan konflik sosial. Dari hasil rapat itu melahirkan rekomendasi sebagai bahan telaah Pemerintah Kota Bima.

“Rapat Kominda kemarin sudah. Hasilnya rekomendasi untuk pak wali kota. Tindaklanjut rapat kemarin akan dilakukan pertemuan lanjutan,” tandasnya. (ID)

No comments