Breaking News

Pemkab Bima Klaim Angka Kemiskinan Menurun

Bupati Bima dan Ketua DPRD Kabupaten Bima saat Paripurna Penyampaian LKPJ 2016.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menglaim angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Bima menurun. Pada tahun 2014, angka kemiskinan 16,04 persen, sedangkan pada tahun 2015 turun menjadi 15,78 persen dan tahun 15,33 persen atau turun 0,45 dari tahun sebelumnya. Pemaparan tersebut tertuang dalam nota pengantar LKPJ Bupati Bima Tahun 2016, Rabu (22/3/2017).

Menurut Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, penurunan angka kemiskinan itu karena dampak berbagai program pengentasan kemiskinan dan upaya penguatan ekonomi secara umum.

“Beberapa tahun ke depan kemiskinan masih merupakan urusan yang serius di Kabupaten Bima, sehingga diperlukan peningkatan efektifitas program penanggulangan kemiskinan baik melalui program berbasis ekonomi, infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos.  

Menurut Bupati IDP, indikator lain  mengukur keberhasilan membangun kualitas hidup manusia adalah yaitu dengan melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2015 capaian IPM Kabupaten Bima adalah 63,48 dan pada tahun 2016 diproyeksikan mengalami peningkatan menjadi 64,16.

“Hal ini menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bima terus  bergerak ke arah yang positif, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi,” katanya. (AN)

No comments