Breaking News

Pemkab Dompu akan Buka Penuh Akses Informasi

Abdul Syahid, SH. Foto Hamid Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu akan membuka penuh akses informasi untuk masyarakat sepanjang memenuhi syarat yang ditetapkan. Itu merupakan bagian dari komitmen Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kabupaten Dompu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid, SH mengatakan,  salah satu bentuk komitmen pemerintah yaitu menyiapkan infrastruktur pendukung seperti website setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu mendorong setiap desa, unit layanan seperti sekolah dan Puskesmas memiliki website.
“Teman-teman di Dompu sangat pro aktif meminta informasi. Ini sesuatu  yang baru bagi masyarakat tentang KIP dan saya pribadi mendorong itu. Tentang SOP permohonan informasi publik sudah sering kita sosialisasikan,” katanya kepada Berita11.com, di Diskominfo Kabupaten Dompu, Kamis (4/1/2018).

Beberapa tahun mendatang, Diskominfo juga menargetkan pelayanan permohonan informasi publik melalui website, sehingga masyarakat tinggal mengisi formulir yang disiapkan melalui website. Untuk mewujudkan rencana itu, dinas setempat perlu mendorong kemampuan sumber daya manusia setiap SKPD agar lebih mendalami tentang teknologi informasi.

“Nanti target kita membuat website melayani informasi publik. Sebagai start up kami sudah merancang untuk beberapa SKPD. Kira-kira 30 sampai 40 persen sudah ,” katanya.

Menurut Syahid, kendati beberapa tahun lalu sempat ada sangketa informasi yang ditempuh warga Kabupaten Dompu terhadap pemerintah. Namun bukan berarti itu menandakan pemerintah tertutup dan tidak memiliki komitmen terhadap KIP. Secara umum, pemerintah memahami partisipasi masyarakat bahkan mendorong untuk menyampaikan saran kepada selama ditempuh melalui koridor yang ditetapkan dalam bentuk regulasi.

“Kami akan memberikan sepanjang memenuhi syarat yang sudah ditetapkan oleh Undang-Undang dan regulasi pemerintah,” katanya.

Selain mendorong performa PPID Utama dan PPID SKPD, saat ini Diskominfo juga sedang menyiapkan dua desa terbaik di Kabupaten Dompu untuk mengikuti lomba Desa Benderang Informasi Publik. Sesuai hasil koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dua desa yang ditunjuk yaitu Kadindi dengan Desa Matua.  

“Dua desa ini secara umum yang pasti desa yang memiliki website dan yang memiliki informasi publik yang dimuat dalam website. Sehingga masyarakat dengan leluasa bisa mendapatkan informasi,” katanya.

Komitmen Pemkab Dompu mendorong eksistensi PPID Utama, PPID SKPD, unit layanan dan desa diharapkan meningkatkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) Kabupaten Dompu. (US/*)



Ralat: Terdapat kesalahan penulisan jabatan dalam berita berjudul: Pemkab Dompu akan Buka Penuh Akses Informasi . Tertulis Kepala Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Syahid, SH. Seharusnya Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kabupaten Dompu, Abdul Syahid, SH. Demikian perbaikan kami. Redaksi Berita11.com

No comments