Breaking News

Penataan KIP via Online, Diskominfo Tunggu Perda Provinsi

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Ir. Supawarman. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima berencana mengoptimalkan tata kelola dan penyajian untuk keterbukaan informasi publik (KIP) secara online. Terkait rencana itu, saat ini Diskominfo sedang menunggu peraturan daerah (Perda) Provinsi NTB.

“Kita harapkan semua OPD untuk memberikan informasi anggaran dan kegiatan untuk dimuat dalam website. Tapi kita masih menunggu regulasinya sekarang,” kata Kepala Diakominfo Kota Bima, Ir. Supawarman kepada Berita11.com di Diskominfo Kota Bima, Senin (13/3/2017).

Menurutnya, setelah Perda terbit akan ada penguatan mendorong  organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menyebarluaskan informasi. Diskominfo akan menjadi sentral yang akan mempublikasikannya.

“Jadi subdomain ditiap OPD kita yang meneruskannya. Cuma penekannya belum. Cara sementara kita sudah bersurat pada pak Sekda. Nanti pak Sekda akan menginstruksikan tiap OPD,” ujarnya.

Supawarman menuturkan untuk merealisasikan hal tersebut pihaknya mengalami hambatan ketersediaan fasilitas seperti, komputer dan laptop untuk mengoperasikan website Pemerintah Kota Bima. “Kita mulai dari nol, karena tidak ada pengadaan fasilitas penunjang. Tapi pelan-pelan akan kita benahi,” jelasnya.

Ke depannya, Diskominfo berharap setiap OPD memiliki website sendiri untuk menyajikan informasi secara online dengan konsep smart city. Sehingga kegiatan OPD dapat dipantau langsung pimpinan daerah.

“Muaranya untuk good governance. Kita studi banding pada daerah lain untuk menerapkan konsep yang sama di Kota Bima,” katanya. (ID)

No comments