Breaking News

Polsek Pekat Serahkan Penanganan Illegal Logging kepada KPH dan PT AWB

Kapolsek Pekat, IPTU Balok Suswantoro saat Diwawancarai Wartawan. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Kepolisian Sektor (Polsek) Pekat Kabupaten Dompu menyerahkan penindakan perambahan hutan (illegal logging) kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan PT AWB.  Jadi, Polsek Pekat hanya sebatas membantu tugas kedua pihak tersebut.

“Di sana (Tambora) sudah ada KPH dan AWB.  Jadi kami sifatnya hanya membantu mereka saja,” jelas Kapolsek Pekat, IPTU Balok Suswantoro kepada wartawan gedung Samakai Dompu, Kamis (9/3/2017).

Diakui Balok,  selama ini  bersama KPH dan PT AWB melaksanakan patroli di wilayah Kecamatan Pekat. Hal itu sebagai bentuk antisipasi potensi perambahan hutan. “Selama ini kami terus melakukan patrol gabungan. Namun saat itu kami belum menemukan adanya aksi Illegal loging,” katanya.

Mengenai  perusakan hutan di wilayah Tambora dan Pekat, Balok menyarankan  wartawan mewawancarai KPH Tambora dan PT AWB Tambora. “Silakan teman–teman wartawan wawancara langsung saja KPH dan AWB Tambora,” saranya.

Mengenai aktivitas masyarakat Kecamatan Pekat, menurut Balok umumnya tak lagi bekerja sebagai buruh kayu. Namun sudah banyak yang beralih sebagai petani. “Sekarang masyarakat di sana sudah banyak jadi petani. Apalagi di wilayah Kecamatan Pekat sudah ada pabrik PT SMS,” terangnya.

Soal kondisi Kamtibmas di wilayah itu, diakuinya sampai kini masih kondusif . “Memang ada sih kejadian–kejadian yang terjadi disana. Seperti penganiayaan ringan dan lainnya. Tapi Alhamdulillah berhasil kami tagani hingga sampai detik ini di wilayah Kecamatan Pekat selalu kondusif,” ungkapnya. (RUL) 

No comments