Breaking News

Rencana Eksploitasi Tambang di Hu’u masih lama

Soekarno, ST., MT. Foto Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Kapan tambang emas di Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu mulai beroperasi atau masuk pada tahap produksi? Kegiatan ekploitasi paling cepat akan dilaksanakan beberapa tahun mendatang, bukan dalam waktu beberapa bulan ke depan.

Hal itu ditegaskan Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Soekarno, ST.,MT menjawab spekulasi yang berkembang.  “Tidak mungkin beberapa bulan ini karena kondisi medan di Hu’u itu jauh lebih berat dan cadangannya berbeda dengan tempat lain, tingkat kesulitannya lebih tinggi. Kalau bulanan itu nggak mungkin segera ekploitasi,” ujar Soekarno kepada Berita11.com di kantor Pemkab Dompu, Kamis (2/2/2017).

Menurut Soekarno, hingga kini pihak perusahaan masih melakukan tahapan eksplorasi, untuk memastikan ukuran, letak, kualitas (kadar) endapan serta karakter fisik endapan.

“Mereka (PT STM/ Vale Eksplorasi Indonesia) jalan terus ekplorasi tapi sudah masuk studi kelayakan. Ekplorasi itu yang jauh lebih detail, tapi levelnya lebih bagus. Maret belum mulai eksploitasi, untuk studi kelayakan saja butuh beberapa tahun. Tidak mungkin bebrapa bulan karena kondisi medan di Hu’u itu jauh lebih berat dan cadangannya berbeda dengan tempat lain, tingkat kesulitannya lebih tinggi,” ujar alumnus Teknik Pertambangan ini.

Menurut Soekarno, saat ini Pemerintah Kabupaten Dompu berupaya mendorong masyarakat sekitar terutama daerah lingkar tambang mendapatkan manfaat kehadiran perusahaan itu.

“Sekarang ini kita menjaga stabilitas dulu semuanya bisa bekerja. Kalau ada gangguan, target kita studi kelayakan malah terganggu. Yang perlu kita dorong sekarang bagaimana masyarakat mendatapatkan kemanfaatan hadirnya perusahaan ini,” ujarnya.

Dilihat dari tahapan tambang yang sedang berlangsung, maka kemungkinan kebutuhan kesiapan sub-kontraktor pendukung masih lama. (US)

No comments