Breaking News

Seluruh Ujian di SMKN 2 Kota Bima Berbasis Komputer

Siswa SMKN 2 Kota Bima saat Mengikuti Simulasi UNBK. Foto Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Penyelenggaraan ujian berbasis komputer di SMKN 2 Kota Bima tidak hanya dilakukan pada Ujian Nasional (UN) saja. Namun pada ujian sekolah dan ujian lain. Hal itu merupakan upaya sekolah dalam rangka mewujudkan model pembelajaran berbasis IT.

Kepala SMKN 2 Kota Bima, Drs. Syamsuddin mengatakan ujian berbasis virtual sudah diterapkan sejak dua tahun lalu. Bahkan untuk ujian semester sekolah menggunakan bantuan komputer. Menurut dia, hal utama dari ujian model tersebut lebih hemat biaya dan waktu.

“Kami tahun ini UNBK. Tidak hanya itu, ujian sekolah dan USBN yang saat ini sedang berjalan menggunakan komputer. Seterusnya kami akan memakai itu. Karena dari sisi biaya dan waktu lebih hemat” katanya kepada Berita11.com di SMKN 2 Kota Bima, Rabu (22/3/2017).

Ia menyebutkan secara teknis  tidak ada penambahan komputer untuk pelaksanaan UNBK tahun 2017. Jumlah perangkat yang disediakan sebanyak 80 unit yang dibagi tiga ruangan. Total calon peserta UN di SMKN 2 sebanyak 245 siswa yang akan dibagi tiga sesi  sesuai prosedur operasional standar (SOP).

“Kita juga sediakan server enam unit. Empat dipakai untuk server utama dan dua server cadangan. Kita juga sudah tiga kali mengikuti simulasi secara nasional.  Tentunya kami siap untuk UNBK,” ujarnya.

Syamsuddin menuturkan secara mental siswa sangat diuntungkan  menghadapi UNBK karena sudah terbiasa menggunakan komputer dalam ujian. Selain itu,  tingkat kecurangan dalam ujian bisa ditekan dengan sistim tersebut. Sisi lainnya,   pengawasannya yang lebih efektif.

“Kalau UNBK kan cuma tiga orang saja. Kalau manual bisa sampai puluhan pengawas. Tingkat kecurangannya saya rasa hampir nol persen,” katanya. (ID)

No comments