Breaking News

Tak Hanya Tertumpu pada Jagung, Pemkab Dompu Dorong Penyerapan Gabah

Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin saat Memantau Penyerapan Gabah.




Dompu, Berita11.com— Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu mendorong sektor pertanian untuk menyejahterahkan masyarakat tidak hanya tertumpu pada jagung. Namun pemerintah juga mendorong penyerapan gabah petani.

Salah satu upaya mewujudkan target itu, Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin, Dandim 1614 Dompu, Bulog, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu meninjau langsung dua gudang yang ada di Kabupaten Dompu yaitu CV. Bintang Jaya Baba Ingkong di Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu dan UD Lancar Abadi Tatang Joko Satrio di jalan Ompu Beko Desa Bara Kecamatan Woja, Rabu (29/03/2017) pagi.

Secara umum Pemkab Dompu terus berupaya mendorong penyerapan gabah petani bersama Badan Urusan Logistik (Bulog). Program serap gabah petani  (Sergap) merupakan kerjasama TNI AD dengan Pemkab Dompu melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan.

“Dengan mendorong penyerapan gabah oleh Bulog ini, kami harapkan bisa menghindarkan petani dari kejatuhan harga di lapangan. Petani minimal mendapat Harga Pembelian Pemerintah (HPP), yaitu Rp3.700 per kilogram  gabah kering panen (GKP),” ujar Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah, SE.

Menurut Bupati HBY,  Bulog sudah membeli gabah petani di atas harga. “Juga fleksibel sesuai kadar airnya. Ini merupakan sinergi bersama yang terus dibina antara petani dengan para pengusaha dan Bulog,” ujar H Bambang.

Target serapan gabah tahun 2017 di Kabupaten Dompu sebanyak 13.002 ton. Angka tersebut tertinggi seluruh Kodim seluruh Indonesia di luar Pulau Jawa. Sampai kini serapannya 3.900 ton  atau 30 persen. Karena masih tahap awal panen. Realisasi target itu dapat dicapai pada masa akhir panen. (RUL)


No comments