Breaking News

Tim Kemenko Kemaritiman dan Bupati Bahas Tiga Pelabuhan Dompu

Bupati Dompu dan Tim Kemenko Kemaritiman Membahas Penanganan Tiga Pelabuhan di Dompu.


Dompu, Berita11.com— Tim Kementerian Koordiantor (Kemenko) Bidang Kemaritiman melaksanakan rapat evaluasi perencanaan pembangunan pelabuhan di Bumi Nggahi Rawi Pahu bersama Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin. Rombongan kementerian disambut di ruang kerja Bupati Dompu, Kamis (9/3/2017).

Selain Tim Kemenko Bidang Kemaritiman, rapat evaluasi juga dihadiri PT Pelindo III. Evaluasi perencanaan pembangunan lebih banyak membahas rencana pelabuhan di Desa Mbuju Kecamatan Kilo. Selain itu, tim juga membahas peningkatan kapasitas potensi pelabuhan Soro Kecamatan Kempo dan pelabuhan Calabai Kecamatan Pekat. Upaya peningkatan kapasitas pelabuhan bertujuan mendorong kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan infrastruktur pelabuhan, sehingga arus pengiriman barang khususnya hasil pertanian dari dan keluar Dompu dapat dilakukan dengan cepat.

Tujuan lainnya, meningkatnya daya saing terhadap ketersediaan mutu barang serta menekan biaya operasional, sehingga lebih murah dan terjangkau. Tujuan lainnya berdampak pada kestabilan harga yang lebih baik dari hasil bumi untuk masyarakat Dompu.

“Masyarakat Dompu sangat berharap pembangunan pelabuhan Kilo dapat direalisasikan secepatnya dalam mewujudkan pembangunan kesejahteraan ekonomi rakyat, peningkatan investasi dalam daerah serta berdampak positif pada bidang pembangunan lainya,” ungkap 
Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin saat rapat bersama Tim Kemenko Bidang Kemaritiman dan PT Pelindo III.

Usai mendiskuiskan hal strategis mengenai rencana pembangunan dan peningkatan kapasitas pelabuhan di Dompu. Tim yang didampingi Kepala Bappeda Drs. H. Abdul Haris, M.Ap, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. H. Fakhrurazi dan Kepala Dinas Perhubungan Ir. Syarifuddin meninjau langsung lokasi rencana pembangunan pelabuhan Kilo, Kempo dan Calabai.

“Terkait dengan studi kelayakan pembangunan pelabuhan Kilo. Ke depan, Pelindo akan menandatangani MoU (Momerandum of Understanding) dengan Pemda Dompu,” ungkap Maulana Arifin Menager Pelindo III Cabang Bima yang juga mengelola pelabuhan Bima seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Dompu, Ardiansyah, SE.

Diisyaratkan Maulana hasil peninjauan yang dilakukan tim, akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat yang merupakan pengambil kebijakan yang lebih tinggi. “Mudah-mudahan pembangunan pelabuhan Kilo, Soro dan Calabai cepat terealisasi dalam waktu dekat agar pemanfaatannya dapat segera dinikmati dalam mewujudkan peningkatan pertumbuhan kesejahteraan rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Dompu,” ujarnya.

Maulana optimis Pemerintah Pusat melalui Menko Bidang Kemaritiman dan Menteri Perhubungan akan berupaya agar proses pembangunan pelabuhan di Kabupaten Dompu dipercepat.

Tim Kemenko Bidang Kemaritiman yang melaksanakan kunjungan evaluasi perencanaan pembangunan pelabuhan di Kabupaten Dompu antara lain, Kabid Tata Ruang dan Infrastruktur Konektifitas Antar Moda, Fadriansyah Anwar, dan Tenaga Ahli Kemenko Maritim,  Septian Hario Seto dan Kristiyanto. (RUL)



No comments