Breaking News

TMMD Sasar Tiga Desa di Kabupaten Bima

Kasdim 1608/ Bima, Mayor Abdul Haris, SH, M.H. Foto Hamid Berita11.com


Kota Bima, Berita11.com— Komando Distrik Militer (KODIM) 1608/Bima akan menyasar tiga desa di Kabupaten Bima saat pelaksanaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-98 tahun 2017.

Kepala Staf Kodim 1608/Bima, Abdul Haris menyebutkan tiga lokasi sasaran yaitu Desa Risa Kecamatan Woha, Desa Darussalam dan Kananga Kecamatan Bolo. Program TMMD akan dilaksanakan pada tanggal 5 April mendatang selama 30 hari.

“TMMD tahun ini kita mendapat giliran. Jadi tidak seperti tahun lalu, tahun ini pelaksanaannya satu bulan penuh. Sebelumnya hanya 21 hari saja,” katanya kepada Berita11.com di KODIM 1608/Bima, Jumat (24/3/2017).

Dijelaskannya, ada dua misi utama program TMMD, yaitu program fisik dan non-fisik. Kegiatan fisik diantaranya pembangunan dan pembenahan infrastruktur desa seperti peningkatan jalan ekonomi. Sementara non fisik meliputi sosialisasi, edukasi dan penyuluhan tentang hukum dan Kamtibmas.

“Secara komprehensif kita akan benahi desa dengan menggulirkan program tersebut. Dengan tekad membangun desa bersama TNI,” ujarnya.

Menurut Haris sebenarnya tugas utama TNI adalah melakukan upaya pencegahan melalui program non fisik. Sebab berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan karakter sumber daya manusia (SDM). Ia berharap personil yang terlibat pada program TMMD memaksimalkan target yang hendak dicapai Kodim.

“Tahun ini tiga kali TMMD. Namun digilir pada Kodim lain. Tugas utama kita adalah membina masyarakat. Jadi saya harap program ini dimaksimalkan sebaik mungkin,” katanya. (ID)

No comments