Breaking News

Wabup Bima, Legislatif dan Puluhan Kades Tanam 4000 Pohon di Wawo

Wabup Dahlan Bersama Pejabat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Usai Aksi Penanaman 4000 Bibit.


Bima, Berita11.com— Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M Noer, M.PD bersama seluruh kepala desa di Kecamatan Wawo, anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil V, Asisten 1 Kota Bima, camat dan seluruh pejabat KPH di wilayah Bima menanam 4.000 bibit pohon di Desa Raba Kecamatan Wawo menandai peringatan hari Bhakti Rimbawan ke-34 tingkat Kabupaten Bima, Kamis (23/3/2017).

Selain sejumlah pejabat dan kepala desa, aksi penanaman bibit pohon jati, durian dan kemiri juga dilakukan sejumlah rimbawan, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Wawo.

Wabup Dahlan menyatakan, peran lingkungan hidup dan kehutanan sangat penting. Apalagi beberapa waktu lalu Kota Bima dan Kabupaten bima dilanda banjir bandang. Sesuai identifikasi tim teknis, sedikitnya ada 6.100 hektar lahan terbuka pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Sari yang bermuara ke wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima. selain itu, masih ada ribuan hektar kawasan yang rusak menjadi pemicu banjir.

“Dalam rangka menjaga ini semua, kita harus melakukan refleksi terhadap komitmen dan sikap kita dalam mengelola dan menjaga Sumber Daya Alam yang ada di daerah kita agar peran hutan dan ekosistemnya sangat penting untuk dapat kita jaga bersama,” katanya saat proses penanaman ribuan bibit pohon.

Dahlan berharap upaya penyelamatan dan pengelolaan hutan antara Pemkab Bima dan Pemerintah Provinsi NTB dan masyarakat berlanjut. “Seluruh warga masyarakat dalam rangka upaya untuk bersama–sama menjaga kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Kepala Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Ir. Madani Makarom, M.Si mengatakan aksi penanaman ribuan bibit pohon merupakan upaya  menjaga kelestarian hutan. Selain mencegah banjir fungsi pohon menyerap emisi karbon dan menghasilkan oksigen sebagai udara segar yang dihirup manusia.

“Untuk itu sangatlah penting untuk kita menanam pohon dan sekaligus kita ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dan bumi kita ini,” katanya.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB telah membentuk KPH di setiap daearh di NTB. KPH merupakan Kesatuan Penguasaan Hutan yang bertugas mengamankan wilayah kerja.

“Kawasan hutan dan hasil hutan termasuk tumbuhan dan satwa,  mencegah kerusakan hutan dari perbuatan manusia dan ternak, kebakaran hutan, hama dan penyakit serta daya-daya alam, mengambil tindakan pertama yang diperlukan terhadap gangguan keamanan hutan di areal kerjanya,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos. (AN)

No comments