Breaking News

300 Jamaah Gereja Katolik Stasi Santo Paulus Mbawa Ikuti Jumat Agung

Ibadah Jamaah Jumat Agung di Gereja Katolik Stasi Santo Paulus/ ID


Bima, Berita11.com— Sebanyak 300 jemaah Gereja Katolik Stasi Santo Paulus Desa Mbawa Kecamatan Donggo Kabupaten Bima tampak khusuk mengikuti Jumat Agung yang dilaksanakan di gereja  setempat, Jumat (14/4/2017) sore.

Meski hujan deras membasahi bumi Mbawa Kecamatan Donggo. Namun tak menyurutkan para jemaah untuk menghadiri acara peringatan wafatnya Isa Al Masih yang diisi ibadah penciuman salib.

Ibadah bertema Salib Kristius Membangkitkan Semangat Tobat Ekologis dipimpin Romo Hendrikus Patrikus. Selain perenungan dan doa bersama, ibadah nyayian ratapan diiringi penampilan Sanggar Kesenian Ncuhi Donggo sebagai bagian dari inkuturasi di gereja.

Penanggungjawab Gareja Katolik Stasi Santo Paulus Desa Mbawa, Ignasius Ismail mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan diikuti sekitar 300 jemaah dari 237 kepala keluarga jemaah Katholik di Desa Mbawa. Sebagian warga Katholik yang 99 persen merupakan petani sedang terpencar di Kabupaten Dompu dan Sumbawa karena sedang menanam jagung dan padi.

“Acaranya Jumat Agung, kami gereja Katholik seluruh dunia memperingati wafatnya Isa Al Masih. Memperingati hari berkabung, tidak ada bunyi lonceng,” ujar Ignasius Ismail.  

Di Desa Mbawa Kecamatan Donggo, ada tiga Gereja Katholik yang merayakan rangkaian hari Pasa yaitu Gereja Santo Yohanes Maria Vianey di Dusun Tolonggeru, Gereja Katolik Stasi Santo Paulus Desa Mbawa dan Gereja Katolik Santo Petrus di Dusun Nggeru Kopa Desa Palama. Dua gereja lain juga merayakan yaitu Gereja Kemah Injil di Dusun Sangari dan Gereja Kemah Injil Dusun Tolonggeru. (ID/US)




No comments