Breaking News

35.000 Orang di Dompu Merupakan Warga Miskin

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Abbdul Haris.

Dompu, Berita11.com— Hingga kini, warga miskin di Kabupaten Dompu yang tersisa sebanyak 35.000 orang atau 15,11 persen dari jumlah penduduk. Angka tersebut sesuai dengan data Tim Penanggulangan Kemiskinan.

“Tahun 2017 ini angka kemiskinan di Dompu berdasarkan data oleh Tim Penanggulangan Kemiskinan mencapai 15,11 persen,”  ungkap Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Drs. Abdul Haris,  saat diwawancarai Berita11.com di Dinsos Kabupaten Dompu, Jumat (21/4/2017).

Abdul Haris menyebutkan, pemerintah pusat dan  Pemerintah Kabupaten Dompu  sangat begitu antusias menangani masalah kemiskinan. Hal itu setidaknya dibuktikan keseriusan pemerintah memberikan sejumlah jenis bantuan terhadap masyarakat miskin.

“Sampai detik ini ada 10 orang yang terdiri lansia produktif dan nonproduktif (miskin) yang mendapatkan bantuan jaminan sosial  dari Pemerintah Kabupaten Dompu yang dianggarkan dari dana APBD II,” ujar Abdul Haris.

Sementara 40 orang lain mendapatkan bantuan uang Rp200 ribu per bulan yang dianggarkan melalui dana APBN. Uang itu dikirim secara langsung oleh pemerintah pusat ke rekening para penerima bantuan.

Abdul Haris menjelaskan pemberian bantuan Sembako untuk lansia disesuaikan anggaran yang ada di Dinas Sosial. Secara umum anggaran untuk penanangan warga miskin di dinas setempat  hanya Rp10 juta.

“Semoga di tahun-tahun ke depan ada penambahan sebagaimana yang tertuang dalam target RPJMD,” harapnya.

Menurut Abdul Haris, angka kemiskinan di Kabupaten Dompu merupakan salah satu yang terendah bila dibandingkan sejumlah daerah lain di NTB.

“Dompu ada di urutan ke-3 terendah angka kemiskinan dari 10 kabupaten dan kota. Urutan pertama Bima, kedua Kota Mataram dan urutan ketiga Dompu. Dari posisi tersebut Kabupaten Dompu kemarin mendapatkan penghargaan karena dinilai tercepat dalam akselerasi penurunan angka kemiskinan,” pungkasnya. (RUL)

No comments