Breaking News

356 Siswa SMAN 1 Woha Mengikuti UNBK

Siswa SMAN 1 Woha Kabupaten Bima saat Mengikuti UNBK/ Mid



Bima, Berita11.com— Sejak Senin (10/4/2017) pagi, 356 siswa sekolah menengah atas negeri (SMAN) 1 Woha Kabupaten Bima mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA yang dilaksanakan secara serentak. 356 siswa SMAN 1 Woha dibagi tiga sesi ujian.

“Satu ruangan ini 120 komputer. Untuk peserta sesi awal peserta masuk jam 07.30 sampai 09.30 Wita. Sesi keduanya jam 10.30 Wita sampai dengan 12.30 Wita. Kemudian untuk sesi terakhir masuk jam dua dan selesai jam empat sore. Sesi pertama dan kedua 120 peserta, yang ketiga hanya 116 siswa saja,” jelas proktor SMAN 1 Woha, Budiono Basuki kepada Berita11.com di SMAN 1 Woha, Senin (10/5/2017).

Pada sesi awal, hari pertama pelaksanaan UNBK  kegiatan ujian sempat terhambat gangguan koneksi server. Hal itu karena perubahan token secara otomatis selama 15 detik, sehingga mengakibatkan beberapa peserta belum bisa mengerjakan soal. Namun kendala itu tidak sampai mengganggu UNBK.

“Gangguan tidak berarti, karena tokennya berubah. Jadi ada yang sudah mengerjakan dan ada yang belum. Tapi gangguannya bisa kita atasi. Sesi selanjutnya pasti sudah lancar,” ujarnya.

Pelaksanaan UNBK diawasi oleh enam pengawas dengan sistim pengawasan silang. Tiga server utama masing-masing diawasi oleh dua pengawas yang dibantu satu proktor dan satu teknisi. Sekolah setempat juga telah menyiapkan satu server cadangan untuk mengantisipasi ketika terjadi gangguan pada server utama.

Menurut Budiono, idealnya pelaksanaan UNBK harus menggunakan personal komputer (PC) bukan menggunakan laptop. Sebab PC lebih unggul dalam hal ketahanan dan koneksinya yang lebih stabil. Ia berharap pelaksanaan hari UNBK berjalan lancar tanpa gangguan.

“Kalau laptop cepat panas. Mudah-mudahan lancar sampai sesi akhir karena UNBK baru bagi kita. Yang kita cemaskan gangguan teknis,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Woha, Nazamuddin, S. Pd mengingatkan siswa berdoa sebelum melaksanakan UNBK. Ia juga berharap selama pelaksanaan  UNBK berjalan lancar sesuai rencana dan harapan sekolah. “Maunya kita tak ada kendala sampai UNBK selesai,” ungkapnya.

UNBK tingkat SMA/MA dilaksanakan selama empat hari yaitu 10 hingga 13 April 2017. Mata pelajaran ujian yaitu, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. (ID)

No comments