Breaking News

4,5 Kubik Kayu Diamankan Kodim Dompu di Kawasan Hutan

Aparat Kodim 1614/ Dompu saat Mengamankan  Kayu Sonokeling yang Diduga Hasil Ilegal Logging.

Dompu, Berita11.com— Aparat Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/ Dompu berhasil mengamankan 4,5 kubik kayu di dalam kawasan hutan lindung sonokeling Desa Woko Kecamatan Pajo dan Desa Adu Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu, Selasa (25/4/2017) lalu.

Kayu sonokling berbentuk gelondongan ukuran 2mx30 cm sebanyak 25 batang dan kayu sonokling berbentuk balok sebanyak 50 batang atau 3,5 kubik ditemukan oleh aparat Intel Kodim yang dimpin Lettu Kav. M Kasim bersama empat anggota TNI lain ketika melaksanakan pengecekan di dalam kawasan hutan lindung Sonokling Desa Woko Kecamatan Poja dan Desa Adu Kecamatan Hu’u.

Penemuan tersebut berawal dari laporan masyarakat tentang kayu yang ditinggal oleh pelaku ilegal logging.  Hingga kini, puluhan kayu yang diduga disimpan jauh dari jangkauan masyarakat tersebut tidak diketahui pemiliknya.

“Mereka sengaja menebang kayu dan menyimpannya di tempat yang jauh dari tinjauan orang dengan harapan menunggu waktu yang tepat dan petugas yang lengah, kemudian mengangkut kayu tersebut,” jelas Lettu Kav M. Kasim.

Sementara itu, Dandim 1614/Dompu, Letkol Czi Arif Hadiyanto, S.IP menjelaskan bahwa untuk menghindari pelaku meneruskan aksinya. Kayu-kayu tersebut kemudian diamankan dan diangkut oleh anggota Kodim 1614/Dompu dengan menggunakan dam truk dan mobil pick up ke kantor Kodim 1614/Dompu.

“Kami akan buat berita acara barang bukti di KPH, setelah itu semuanya wewenang KPH untuk menindaklanjuti temuan ini,” jelas Dandim. (RUL)



No comments