Breaking News

Bakesbangpol Kota Bima Evaluasi Kamtibmas Kelurahan Lampe

Kegiatan Lomba Kelurahan di Kelurahan Lampe Kota Bima.



Kota Bima, Berita11.com—  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bima mengevaluasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) Kelurahan Lampe Kecamatan Rasanae Timur. Evaluasi Kamtibmas merupakan bagian dari indikator lomba kelurahan tingkat Kota Bima tahun 2017.

Kelurahan Lampe dinilai oleh tim lomba pada Rabu (19/4/2017) pagi. Kegiatan dihadiri 300 peserta dari semua unsur dan elemen masyarakat kelurahan. Sama seperti tahun lalu, lomba diikuti lima kecamatan di Kota Bima. Setiap kecamatan mengutus  satu kelurahan sebagai duta pada lomba tersebut.

Sekretaris Bakesbangpol Kota Bima, Drs. Abdul Farid mengatakan evaluasi bidang Kamtibmas merupakan salah satu item penilaian lomba kelurahan . sejumlah item yang dinilai Bakesbangpol yaitu  peristiwa perjudian, pencurian dan perkelahian yang menjadi tanggung jawab Babinsa dan Babinkamtibmas. Selain itu, pemetaan pemberdayaan masyarakat tentang pemahaman hukum dan kriminal.

“Indikator penilaian seperti perjudian pencurian, perkelahian dan lainya di bawah koordinator Babinsa dan Babinkamtibmas. Kami merupakan bagian tim yang mengevaluasi bidang tersebut,” ujarnya.

Aspek penilaian juga meliputi bagaimana kolaborasi dan kerjasama pemerintah kelurahan dengan lembaga pada sejumlah tingkat dalam mendorong pemberdayaan masyarakat.  

Menurut Farid, pembangunan keamanan pada tingkat bawah sangat penting untuk mendukung penyelenggaran pemerintahan. Situasi yang kondusif dapat memberikan efek positif pembangunan daerah. Evaluasi tersebut juga menjadi acuan Bakesbangpol dalam menentukan arah kebijakan.

Sesuai jadwal,  penilaian lomba kelurahan tingkat Kota Bima tahun 2017 dilaksanakan pada Rabu (19/4/2017) hingga  Kamis (27/4/2017) mendatang. Empat kelurahan lain yang akan dinilai oleh tim yaitu Kelurahan Sambi Nae Kecamatan Mpunda, Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba, Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat dan Keluruhan Kolo Kecamatan Asakota. (ID)

No comments