Breaking News

Tahun 2017, DAK Kabupaten Dompu Mencapai Rp15 Miliar

H. Ichtiar SH. Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima. Foto Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Perhatian dan keseriusan pemerintah pusat memajukan dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Dompu, patut diapresiasi. Pasalnya, pada tahun 2017 ini pemerintah pusat mengalirkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp15 Miliar.

“Tahun ini DAK di Dikpora Dompu mencapai 15 Miliar,” ujar Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Dompu, H Ichtiar SH, kepada Berita11.com di ruang kerjanya, Jumat (31/3/2017).

Ichtiar menyebutkan, dari jumlah alokasi DAK itu, sebanyak Rp7 Miliar dialirkan untuk Sekolah Dasar dan Rp8 Miliar untuk SMP. Seluruh dana diperuntukan pengembangan fisik dan mutu sekolah. “Kalau untuk Mutu, itu ditender, sedangkan untuk fisik itu diswakelola langsung oleh sekolah,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Ichtiar, tim sedang melaksanakan pemetaan (survey),  melihat  langsung sekolah yang layak mendapatkan DAK tahun 2017. “Para tim pemetaan tersebut bertugas melihat secara mana sekolah–sekolah yang diproritaskan untuk mendapatkan dana DAK ini,” terangnya.

Menurut mantan Kepala Dishubkominfo Kabupaten Dompu ini, pihaknya sebenarnya tidak setuju jika DAK swakelola langsung oleh sekolah. Masalahnya, sekolah tidak memiliki ilmu pengetahuan penunjang terutama mengenai gambar fisik sekolah.

“Seharusnya DAK dipihak ketigakan saja, agar guru dan kepala sekolah hanya fokus pada KBM dan tidak mengurus proyek sekolah,” tuturnya.

Kendati demikian, karena pengelolaan DAK  merupakan kebijakan pemerintah pusat, maka Dinas Dikbudpora melaksanakan ketentuan pemerintah pusat. “Ya, apapun aturan dan keputusan dari pemerintah pusat kita ikuti saja,” tandasnya. (RUL)

No comments