Breaking News

Ini Tujuh Program DPD KNPI Kabupaten Dompu selama 2017

Putra Taufan SH, MH/ RUL Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Kendati masa kepengurusan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dompu akan segera berakhir. Namun sedikitnya ada tujuh program yang akan dilaksanakan DPD selama tahun 2017. Apa saja?

Ketua KNPI Kabupaten Dompu, Putra Taufan SH MH menyebutkan, sejumlah program yang akan dilaksanakan yaitu kemitraan dengan Pemerintah Daerah, kemah bhakti pemuda tingkat Provinsi NTB yang akan digelar Juli 2017 mendatang di objek wisata pantai Lakey Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.

Program lain, pada Ramadhan 1438 Hijriah mendatang, KNPI Kabupaten Dompu akan menggelar festival Ramadhan. Kegiatan itu akan dilaksanakan setiap PC KNPI di Dompu.

“Program unggulan kami yaitu kemitraan dengan pemerintah.Salah satunya seperti kemarin pada momentum FPT 2017.  Kami KNPI Dompu menggelar lomba sepeda gembira dan wisata,”  ujar  Putra Taufan SH MH kepada Berita11.com di sekretariat KNPI Kabupaten Dompu,  Rabu (19/4/2017).

Selain sejumlah program tersebut, KNPI Dompu juga mengagendakan gebyar sumpah pemuda yang akan diisi dengan sejumlah kegiatan seperti festival drum band. Setelah itu, pengurus DPD juga akan menggelar rapat pimpinan daerah (Rapimda) enam bulan menjelang masa kerja pengurus berakhir pada Februari 2018 mendatang.

“Masa kepengurusan saya selaku ketua KNPI akan berakhir Februari Tahun 2018. Insya Allah enam bulan sebelum kepengurusan berakhir kita akan melaksanakan rapat pimpinan daerah dengan mengundang seluruh OKP dari seluruh kecamatan,” jelas Putra Taufan.

Untuk melaksanakan eksistensi dan program, pada tahun 2017,  KNPI Kabupaten Dompu mendapatkan alokasi anggaran sebanyak Rp500 juta  dari APBD Kabupaten Dompu. Anggaran tersebut juga disalurkan  untuk membantu eksistensi 50 Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kabupaten Dompu.

“Kami memberikan bantuan operasional kepada OKP-OKP. Alasan kami memberikan bantuan kepada mereka karena keberadaan KNPI awalnya didirikan oleh para okp, sehingga sampai saat ini semua OKP tersebut merupakan anggota anggota KNPI,” terangnya.

Selain menyalurkan bantuan untuk OKP, KNPI Kabupaten Dompu juga memberikan bantuan untuk kegiatan organisasi di luar KNPI yang fokus pada bidang wirausaha kelompok ternak dan kegiatan lain. “Semasi mereka mengadakan kegiatan positif, itu tetap kami bantu,” ujar Putra Taufan.

Secara umum, KNPI Kabupaten Dompu memiliki  visi dan misi mendorong pemuda di Dompu yang kreatif. “Nanti di sepanjang jalan depan sekretariat KNPI ini,  kami akan membangun lapak`-lapak untuk UKM membantu roda perekonomian UKM. Visi dan misi utama kami untuk membantu kelompok UKM,”  ungkap Putra Taufan.

Putra berharap seluruh pemuda di Kabupaten Dompu agar kembali ke jati diri pemuda dan menghindari segala bentuk dampak negatif modernitas dan globalisasi. Salah satu contohnya yaitu penggunaan tramadol dan Narkoba.

“Untuk membentengi diri agar terhindar dari prilaku dan perbuatan yang tidak baik. Maka Intinya kita harus memperkuat dan pegang teguh nilai-nilai budaya lokal dan menjalankan perintah Allah SWT. Insah Allah sebelum bulan puasa kami akan bekerjasama dengan Makka Dana Dompu menggelar diskusi budaya,” isyaratnya. (RUL)

No comments