Breaking News

Kinerja Satgas Saber Pungli akan Dibuka kepada Publik

Ilustrasi/ Foto US Berita11.com


Bima, Berita11.com— Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Kabupaten Bima terus memacu kinerja. Untuk meningkatkan kepercayaan publik, Satgas akan membuka capaian hasil kerja kepada masyarakat umum.

Hal tersebut diisyaratkan Wakil Ketua 1 Satgas Saber Pungli Kabupaten Bima, Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos. “Dari hal kecil saya sangat setuju. Masalah membantu orang yang jujur-jujur saja. Jangan memanfaatkan jabatan menjadikan pekerjaan yang tidak halal. Siapa lagi yang bisa berbuat kalau bukan dari kita sendiri?” katanya kepada Berita11.com di Mapolres Bima.

Menurut Abdi, upaya mewujudkan transparansi dalam melaksanakan tugas dan upaya memerangi Pungli tak boleh hanya menjadi slogan semata. Namun harus diyakini dalam hati dan diimplementasikan.

“Prinsip saya harus melaksanakan tugas sebagai Waka, mendukung pemerintah daerah ini. Bima harus lebih baik, saya akan memonitor kalau fungsi lini saya untuk unit-unit. Termasuk transparansi kinerja Satgas harus terbuka, wajib itu,” ujar Waka Polres Bima ini.

Abdi mengisyaratkan, untuk mengoptimalkan kinerja Satgas Saber Pungli, pihaknya memastikan akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat. Selain langkah penindakan, aparat juga menerapkan langkah preventif.

“Mau seribu, sepuluh ribu tetap saja menerima, mau nominal berapa kalau sudah terima sudah salah. Tidak mungkin dia berani tampil. Tidak berani membela karena sudah menerima. Tapi kalau tidak menerima lurus dia ngomong,” ujarnya.

Di tengah upaya Presiden Jokowi bersama pemerintah daerah memerangi Pungli, Abdi melihat kesadaran masyarakat Bima semakin lebih baik. Secara bertahap, Satgas Saber Pungli akan membenahi kinerja tim.

“Makin hari kesadaran masyarakat semakin lebih baik.  Jangan berharap sesuatu, semoga apa yang kita kerjakan ada nilai plus untuk diri sendiri. Kalau kita mengharapkan sesuatu kita akan terikat dengan sebuah nilai itu dan tidak akan kekal. Beda kalau kita ikhlas itu tak akan terbatas,” ujarnya. (US)



No comments