Breaking News

Masyarakat dan Pemerintah Desa Leu Kompak Sambut Panitia Lomba

Kepala Desa Leu saat Menyambut Tim Penilai Lomba Desa, Senin (10/4/2017)/ MID


Bima, Berita11.com— Penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Bima di Desa Leu Kecamatan Bolo, Senin (10/5/2017) berlangsung dengan meriah. Hampir seluruh masyarakat desa antusias menyambut kedatangan tim penilai dan menyaksikan rangkaian kegiatan.

Pantauan Berita11.com, penyambutan tim penilai lomba desa telah disiapkan sejak pagi sekira pukul 08.30 Wita. Pihak pemerintah desa dan masyarakat mendirikan tenda dan menyiapkan keperluan konsumsi hingga menjelang salat dzuhur pukul 11.30 Wita.

Agar berjalan lancar pihak desa menutup akses kendaraan yang melintasi desa dan mengalihkannya pada jalur lain dibantu pihak Kepolisian Sektor Bolo dan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Bima.

Usai salat Dzuhur Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik S. Ag bersama jajaran pemerintah desa dan masyarakat melakukan napak tilas menuju pintu gerbang perbatasan desa untuk menunggu kedatangan tim penilai. Setelah menunggu di bawah terik sinar matahari hingga setengah jam, akhirnya tim penilai tiba di desa.

Setelah sampai di lokasi, tim penilai disambut dan disapa dengan penuh keramahan. Kepala desa langsung menyampaikan kepada tim penilai bahwa Desa Leu siap dinilai untuk Lomba Desa Tahun 2017. Tim penilai kemudian menggunting pita yang dihiasi balon udara oleh pihak panitia sebagai simbol keterbukaan penilaian desa. Kegiatan dilanjutkan pengalungan sarung songket hasil kerajinan masyarakat desa setempat oleh kepala desa.

Berbagai atraksi tarian seperti Buja Kadanda, Karaku Kandei dan pertunjukan Gend dan Silu ditampilkan untuk menghibur serta menarik perhatian para juri. Masyarakat Desa Leu terlihat antusias memeriahkan kegiatan. Warga bertumpah ruah ditiap gang-gang desa. Partisipasi masyarakat sangat kental terlihat dengan keramahan dan senyumannya.
Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Leu, Muhammad Taufik, S.Ag mengatakan swadaya dan nilai gotong-royong dalam masyarakat merupakan modal utama dalam membangun desa yang akan terus dipelihara dan jaga kelestariannya.

Menurutnya lartisipasi dan insiatif masyarakat dalam pelaksanaan lomba desa tahun ini sangat jelas terasa. “Swadaya dan gotong-royong merupakan modal utama dalam konsep desa membangun. Itu yang akan terus kami lestarikan," katanya.

Tim penilai akan melakukan penilaian tiga kategori lomba yaitu lomba desa tingkat Kabupaten Bima, Lomba Posyandu dan P2SS. Penilaian mencakup 14 indikator penilaian diantaranya pelayanan kesehatan,pendidikan, kelembagaan, infrastruktur dan lingkungan hidup. (ID/*) 



Foto Kegiatan Penilaian Lomba Desa Leu Kecamatan Bolo









                       

No comments