Breaking News

Pejabat KKP Hadiri Sosialisasi Pugar 2017 di Kabupaten Bima

Kegiatan Sosialisasi Pugar 2017 di Aula PKK Kabupaten Bima, Jumat (21/4/2017).


Bima, Berita11.com— Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri membuka Sosialisasi Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) tahun 2017 yang digelar di aula PPK Kabupaten Bima, Jumat (21/4/2017).

Selain sejujmlah pejabat Pemkab Bima, kegiatan tersebut juga diikuti oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Bima, Ir Suryadin, Dirjen Tata Ruang Pulau-pulau Kecil Jasa Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Freude Tambe  Pamugatan Hutahean.

Sosialisasi juga diikuti Kepala Bappeda Kabupaten Bima, Asisten Pemerintahan Umum Setda Bima, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima dan sejujmlah kepala bidang DKP Kabupaten Bima, camat dan Kades  lokasi integrasi lahan Pugar,  ketua dan anggota kelompok Usaha Garam Rakyat  di Desa Soro.

Bupati Bima, IDP mengatakan sosialsiasi  PUGAR tahun 2017 merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan kemandirian masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan. Salah satu masalah utama masyarakat pesisir terutama petani garam di Kabupaten Bima yaitu tingkat keberhasilan.

Pugar tidak hanya dilihat dari peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, namun juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM petambak garam serta perekonomian pelaku usaha garam seperti petambak, pengolah, hingga pada tataran pelaku pemasaran sehingga  diharapkan usaha garam dapat menjadi salah satu sumber perekonomian baru.

“Yang dapat meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kabupaten Bima,” ujar Bupati Bima, IDP seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid. S.Sos.

Sebelumnya, Kabupaten Bima telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai salah satu daerah penyangga (buffer) produksi garam  mewujudkan swasembada garam nasional. (AN)


No comments