Breaking News

Pemkab Bima Tampilkan Pemipil Jagung Multiguna pada Pameran TTG NTB

Foto Bersama Bupati Bima dan Kepala DPMDes Kabupaten Bima di Depan Stand. Foto Humas Kab. Bima

Bima, Berita11.com— Meskipun lebih terkenal Kabupaten Dompu dalam membangun sektor pertanian khususnya jagung. Namun kreativitas masyarakat Kabupaten Bima tak perlu diragukan. Pada pameran teknologi tepat guna (TTG) ke-XV yang berlangsung 25-27 April 2017 di Giri Menang Lombok Barat, stand Kabupaten Bima menampilkan alat pemipil jagung multiguna.

Pada tahun 2016 lalu, Pemerintah Kabupaten Bima juga menampilkan  pemipil jagung. Namun pada tahun 2017 ini ada yang berbeda yaitu  varian produk yang ditampilkan yaitu alat pemipil multiguna (3 in), sebuah inovasi yang memadukan alat pemipil jagung.

Selain itu, alat yang ditampilkan juga bermanfaat sebagai penggiling kacang, pemarut kelapa, singkong dan pemotong emping yang mampu memipil 5-8 ton jagung per hari dengan menggunakan mesin berkapasitas 5 PK.

Kepala Seksi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bima, Abubakar  menyebutkan munculnya inovasi mesin pemipil multiguna berawal dari survei bahwa rata-rata petani menanam jagung pada lahan di atas gunung, sehingga alat tersebut dapat membantu untuk memipil jagung.

"Alat tersebut juga mempermudah  industri rumah tangga untuk memotong  kripik singkong, pisang atau memarut singkong sebagai bahan pembuatan kerupuk singkong. Alat yang yang ditampilkan stand kabupaten Bima yaitu Bio Masak,” ujar penanggungjawab mesin pemipil jagung pada stand Kabupaten Bima ini.

Menurutnya, jika perangkat TTG sektor pertanian berasil. Maka akan menjadi solusi yang memudahkan para petani jagung dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan pasca panen. Selain itu, secara teknis alat ini bisa dimodifikasi menggunakan penggerak sederhana seperti sepeda.  (AN)


No comments