Breaking News

Pengurus FKDM Dan FKUB Kabupaten Bima Dilantik

Ilustrasi.


Bima, Berita11.com— Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) periode 2017-2020 dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bima periode 2017-201 dilantik oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bima, HM Qurban SH, Kamis (6/4/2017) pagi di aula SMKN 3 Kota Bima.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bima, HM Qurban mewakili Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri. Skuad FKDM dan FKU Kabupaten Bima ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bima Nomor 188.45 / 117 / 003 / 2017 tanggal 7 Februari 2017 dan SK Bupati Bima Nomor 188.45 / 301 / 07.4 /2017.

Qurban menjelaskan  FKDM merupakan salah satu wadah bagi masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini di dalam masyarakat. Anggota FKDM terdiri dari wakil Ormas, lembaga pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan elemen masyarakat lain.

“Sehingga eksistensi FKDM ini dalam rangka mengantisipasi dinamika kebebasan masyarakat seperti diketahui bersama, sejak era reformasi sampai dengan sekarang ini terjadi euforia kebebasan, sehingga mengakibatkan masyarakat mudah bergejolak yang dapat memicu konflik sosial,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, S.Sos.

Menurut Qurban,  pengurus dan anggota FKDM dituntut selalu bekerja keras dan tanpa pamrih. “Karena sebagai anggota FKDM tidak ada kata lain selain kata siap dan iya guna mengantisipasi kejadian yang sengaja mengacaukan wilayah maupun daerah,” katanya.

Sementara FKUB dibentuk dalam rangka  membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama sehingga kerukunan dan kesejahteraan terjaga. Skuad FKUB melaksanakan tugas dan menampung aspirasi Ormas keagamaan dan masyarakat.

Selain itu, melaksanakan sosialiasasi peraturan perundang-undangan dan kebijakan pada keagamaan yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat.

Qurban berharap, seluruh skuad meningkatkan konsolidasi internal organisasi FKUB sehingga dapat memberikan pelayanan secara maksimal, pemahaman, mendorong partisipasi dan kerja sama umat beragama memperkuat dasar-dasar kerukunan umat beragama.

“Semoga dengan terbentuknya kepengurusan FKDM ini diharapkan ke depan para pengurus dapat melaksanakan tugas dan fungsinya demi terjaminya rasa keamanan dan kenyamanan di wilayah masing–masing terutama dalam rangka menjaga kenyamanan,” katanya.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bima, Drs Ishaka mengatakan, kehadiran FKDM dan FKUB diharapkan membangun sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat melalui organisasi sosial kemasyarakat dan kepemudaan.
Pembentukan  FKDM berdasarkan Permendagri Nomor 12 Tahun 2006. Tujuannya membantu Bakesbangpoldagri dalam upaya deteksi dini, mencegah segala bentuk gangguan stabilitas keamanan yang berdampak terhadap konflik horizontal maupun vertikal di daerah.

“Begitupun keberadaan FKUB yang mana berdasarkan Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negari Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006 merupakan wadah berhimpunya tokoh–tokoh enamagama yang difasilitasi pemerintah sebagai perekat dan menciptakan tolerasni antar umat beragama,” kata Ishaka. (AN)

No comments