Breaking News

Program Fisik TMMD di Desa Darussalam Mencapai 75 Persen

Gotong Royong Anggota TMMD dan Masyarakat Desa Darussalam Kecamatan Bolo.

Bima, Berita11.com—  Hingga Kamis (20/5/2017),  pelaksanaan program fisik pembangunan jalan ekonomi oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) KODIM 1608/Bima di Desa Darussalam Kecamatan Bolo Kabupaten Bima telah mencapai 400 meter atau sekitar 75 persen dari total pembangunan fisik 560 meter yang akan dikerjakan.

“Dari pantauan pemerintah desa sudah sekitar 75 persen yang dikerjakan oleh masyarakat dan personil TMMD.Tinggal penimbunan dan pengerasan tunggu betonnya kering,” kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Desa Darussalam Iye Tahar kepada Berita11.com di Kantor Desa Darussalam, Kamis (20/5/2017).

Iye menjelaskan pembangunan jalan ekonomi di desa awalnya direncanakan TMMD sepanjang 1310 meter. Namun berdasarkan patokan yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bima hanya dikerjakan sepanjang 560 meter saja. Menurutnya, pembangunan jalan tersebut akan membantu kelancaran produksi pertanian.

“Sebagai pemerintah desa, TMMD membantu masyarakat kami dalam menyediakan sarana pendukung pertanian. Sehingga diharapkan semakin mendongkrak penghasilan petani,” ujarnya.

Menurut Iye, pelaksanaan TMMD di Desa Darussalam  sangat tepat. Karena sebagai desa pemekaran baru, peningkatan pembangunan jalan ekonomi dibutuhkan untuk mendukung 93 hektar sawah di desa.

Iye mengapresiasi kehadiran TMMD karena sangat membantu pemerintah desa dan masyarakat dalam mewujudkan berbagai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Insya Allah membatu petani kita. Karena akses akan lebih cepat. Kita juga bersyukur karena menjadi lokasi pelaksanaannya. Kita ini desa baru jadi butuh sentuhan pembangunan,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan partisipasi seluruh elemen di desa menyukseskan kegiatan TMMD. Sebab, menurutnya momentum tersebut dapat menumbuhkan kembali nilai dan semangat gotong-royong yang semakin pudar.

“Kita ajak masyarakat untuk mengikuti semua kegiatan. Kita bisa rasakan swadaya dan gotong-royong masyarakat sudah berkurang. Manfaat TMMD lebih mengarah ke situ,” katanya. (ID)

No comments