Breaking News

Sebagian Desa belum Teraliri Listik, Rasio Elektrifikasi di Bima 70 Persen

Ilustrasi/ Foto Berita11.com


Bima, Berita11.com— Hingga kini rasio elektrifikasi di wilayah kerja Perusahaan Listrik Negara (PLN) NTB Area Bima baru mencapai 70 persen. Sejumlah desa di wilayah bagian Selatan Kabupaten Bima belum teraliri listrik.

Asisten Manager (Asman) Jaringan PLN NTB Area Bima, Mustafa mengatakan, sejumlah desa yang belum teraliri listrik seperti sebagian wilayah di Kecamatan Monta, Kecamatan Parado dan sebagian di Desa Karampi Kecamatan Langgudu. “Untuk rasio elektrifikasi kita belum sampai 80 persen. Terutama wilayah bagian Selatan,” ujar Mustafa kepada Berita11.com di kantor PLN NTB Area Bima, Rabu (12/4/2017).

Mustafa menyebut sejumlah kendala utama sehingga infrastruktur listrik belum menjangkau sebagian desa di wilayah bagian Selatan Kabupaten Bima karena kondisi medan yang bergelombang atau menanjang sehingga sulit dijangkut oleh kendaraan yang mengangkut material jaringan listrik.

“Masalah utamanya medan yang sulit. Ada beberapa wilayah yang sangat sulit dilalui kendaraan yang membawa material. Sangat berbahaya tapi untuk mencari solusi kita berkoordinasi dengan pemerintah desa,” katanya.

Secara umum pelanggan “perusahaan strum” di wilayah Bima dan Dompu yaitu 45 persen konsumen listrik pra bayar dan 55 persen pelanggan pasca bayar. (US)

No comments