Breaking News

Sekolah Kerap Digenangi Banjir, Kasihan Siswa di Bima Bergelut dengan Lumpur

Kondisi SDN Rada Kecamatan Bolo Digenangi Banjir Setelah Hujan Mengguyur Bima, Senin (3/4/2017).


Bima, Berita11.com— Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rada di Kabupaten Bima memprihatinkan. Setiap musim hujan kerap digenangi luapan banjir yang tak jauh dari sekolah. Saat hujan deras, Senin (3/4/2017) siang, sekolah yang berlokasi di Kecamatan Bolo ini juga digenangi banjir.

Ironisnya, Sabtu (1/3/2017) lalu, siswa SDN Rada terpaksa mengikuti ujian tanpa memakai sepatu karena lantai dipenuhi jejak-jejak lumpur bekas telapak kaki siswa dan guru lantaran harus melewati genangan banjir di halaman sekolah sebelum masuk dalam kelas.

Kondisi tersebut diakui Kepala SDN Rada, Abdul Aziz. Ia mengungkapkan kondisi serupa sudah terjadi sejak tiga tahun lalu. Setiap musim hujan sekolah setempat selalu menjadi langganan genangan banjir.

“Kami terpaksa memulangkan siswa lebih cepat karena genangan banjir. Kebetulan Sabtu lalu siswa kami mengikuti try out,” ujar Aziz  saat ditemui ketika melihat kondisi genangan air di sekolah setempat, Senin (3/4/2017) sore.

Akibat genangan air dan kuatnya arus banjir yang meluber ke halaman sekolah, pagar di bagian depan dan tembok bagian belakang SDN Rada rubuh, sehingga pihak sekolah terpaksa mengantisipasi dengan memasang pagar bambu.

“Sebenarnya kondisinya sudah kami sampaikan sejak dulu. Kami sudah mengajukan proposal tapi belum direspon. Mungkin karena masalah anggaran yang sulit,” ujar Aziz.
Menurut dia, untuk membenahi pagar sekolah yang sudah jebol membutuhkan anggaran Rp65 juta. kendati kerap digenangi banjir, aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Rada tetap dilaksanakan.

“Kami sudah laporkan kepada Dinas Dikbud. Mudah-mudahan ada respon. Karena kondisi ini sering terulang setiap ada hujan lebat,” kata Aziz. (ID)







No comments