Breaking News

Taman Wisata Kalaki Diresmikan Wagub NTB, ini Janji Pemrov NTB

Wakil Gubernur NTB, M Amin, SH, M.Si Memukul Beduk Menandai Peresmian Taman Wisata Kalaki.


Bima, Berita11.com— Prosesi pemukulan beduk oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) menandai peremian Taman Wisata Pantai Kalaki, Minggu (9/4/2017) sore. Pemerintah Provinsi NTB mengisyaratkan akan membantu pengembangan taman setempat dan pendukung untuk pengembangan potensi wisata lain.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri berharap kegiatan Pameran Ekonomi Kreatif dapat menggali, megangkat serta mempromosikan keunggulan produk lokal dan industri kreatif yang berpadu dengan pengembangankawasan wisata.

“Karena antara industi kreatif dan pariwisata seperti dua mata mata uang yang tak bisa dipisahkan. Industri  kreatif akan menjadikan suatu wilayah berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Demikian pula sebaliknya, destinasi wisata akan berkembang dan lebih maju jika ditopang oleh keberadaan industri kreatif,” katanya saat menyampaikan sambutan pada peresmian Taman Wisata Pantai Kalaki.

Diungkapkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menyambut gembira peresminan Taman Wisata Pantai Kalaki, peresmian Tourism Information Center dan pembukaan pameran Ekonomi Kreatif yang merupakan rangkaian dari kegiatan Festival Pesona Tambora tahun 2017.

Taman Wisata Kalaki adalah objek andalan di Kabupaten Bima dan setiap hari selalu dikunjungi oleh para wisatawan. Posisinya sangat strategis karena letaknya di jalan Negara lintas Bima-Sumbawa dan dekat dengan Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Pemkab Bima juga menyambut gembira keberadaan TIC yang diresmikan sebagai pusat informasi tentang destinasi wisata di wilayah Kabupaten Bima sehingga memudahkan bagi para wisatawan untuk mengunjungi objek-objek  wisata yang ada di wilayah Kabupaten Bima.

Menurut Bupati IDP, Kabupaten Bima merupakan daerah dengan destinasi yang lengkap. Bentangan alam yang indah dan dikelilingi oleh laut menawarkan destinasi wisata bahari  dan wisata pantai dengan bentangan pantai-pantai indah mulai dari Tambora hingga Sape, Parado hingga Pulau Sangiang.

“Jejak kerajaan dan kesultanan Bima di masa lalu baik di wilayah Kota Bima maupun Kabupaten Bima telah mewariskan ragam potensi situs sejarah dan budaya yang menjadi salah satu tarik wisata sejarah dan budaya,” katanya.

Pemkab Bima menyadari bahwa posisi strategis serta peluang tersebut belum secara maksima dikembangkan dalam rangka pengembangan kepariwisataan dan industri kreatif mewujudkan percepatan pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Untuk itu dukungan berbagai pihak termasuk Pemrov NTB sangat diperlukan.

Sementara itu, Wagub NTB, M. Amin, SH, M.Si menyatakan, jika semua pihak sudah bekerja maksimal untuk pengelolaan pariwisata, maka hasilnya pun akan optimal. “Dulu ada penolakkan karena masalah berpakaian minim. Tapi sebenarnya bisa menyesuaikan diri. Ada zonasi dan hari ini semua kota dan kabupaten bisa mengikutinya,” katanya.

Dikatakannya, Taman Wisata Pantai Kalaki  adalah ruang terbuka hijau yang harus dijaga. Saat ini, belum tersedia taman bermain anak-anak. Untuk itu, Pemrov NTB siap mendukung pengembangan objek tersebut.

Menurut Amin, setiap aset pariwisata harus mendapatkan sentuhan teknologi sehingga semua potensi itu bisa dijual. Misalnya di Pulau Bali semua hal bisa dijual kepada pelancong termasuk hal di luar nalar (magic).

Amin mengatakan, daerah-daerah di Indonesia termasuk Provinsi NTB tidak  perlu takut memikirkan imbas ketika sektor Migas Indonesia turun. Pemerintah dareah  bisa mendorong ekonomi kreatif dan potensi pariwisata. “Beberapa negara masih memikirkan memperbaiki wisatanya seperti Turki yang diserang masalah teror. Pariwisata itu multi efek seperti ekonomi,” katanya.

Ia mengingatkan bahwa investor membutuhkan tawaran yang bersahabat. Salah satunya regulasi atau Peraturan Daerah. “Perlu investor yang datang itu diberikan uang. Jangan ada ego sektoral tapi harus ada koordinasi antar lintas SKPD dan berbagai pihak,” katanya.

Selain meresmikan Taman Wisata Pantai Kalaki, rombongan Wagub NTB, M Amin juga mengunjungi sejumlah stan ekonomi kreatif di Taman Wisata Pantai Kalaki. (US/*)





No comments