Breaking News

Target Pajak Daerah Rp7 Miliar, Bappenda Dompu Bidik Dua Potensi Baru

Arif Hidayatullah SE. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Dompu menargetkan pemasukan pajak daerah sebesar Rp7.195.607.782. Pendapatan asli daerah itu ditargetkan dari berbagai objek seperti hotel, restoran, rumah makan, katering, hiburan.

Selain itu, pajak reklame, pengelolaan parkir, sumber PAD dari mineral bukan logam serta bantuan dan pajak penerangan jalan (PPJ).

Kepala Bidang Pajak Bappenda Kabupaten Dompu, Arif Hidayatullah, SE langkah yang dilakukan untuk OPD setempat mengoptimalkan pajak daerah yaitu melalui cara itensifisikasi (penagihan)  dan ekstensifikasi (pendataan potensi) pajak daerah.

“Ada beberapa tunggakan pajak dari badan usaha maupun usaha perorangan yang telah diselesaikan lewat cara penagihan. Sedangkan potensi pajak daerah itu kami melakukan data dengan melihat langsung sumber-sumber wajib pajak seperti tambang baru, rumah makan dan hotel baru,” ungkapnya.

Bappenda Kabupaten Dompu menargetkan tambahan potensi baru pajak daerah yang belum terdata yaitu usaha kos-kosan dan parkir. Dua item tersebut akan dimasukan sebagai potensi pada tahun 2018 mendatang.

“Mengenai kos-kosan sudah ada Perda untuk menarik pajak daerah. Jadi insya Allah tahun depan sudah bisa diberlakukan,” jelas Arif.

Arif berahrap seluruh wajib pajak daerah patuh terhadap ketentuan pemerintah dengan membayar pajak daerah.

“Mari kita taat untuk bayar pajak daerah. Sebab dengan membayar kita sama artinya membantu peningkatan pembangunan di Bumi Nggahi Rawi Pahu,” katanya. (RUL)

No comments