Breaking News

TMMD Desa Kananga Berbagi Asa Bersama Petani

Gotong Royong Anggota TMMD Bersama Masyarakat Desa Kananga Kecamatan Bolo.

Bima, Berita11.com— KehadiranTNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang dilaksanakan KODIM 1608/Bima di Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima merupakan wujud berbagi asaTNI untuk masyarakat. Itu tergambar pada program pembangunan jalan ekonomi sebagai sarana penunjang akses pertanian yang dinilai sangat membantu petani desa setempat.

Kepala Desa Kananga, Muhammad Noer mengatakan pemerintah desa setempat menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD. Karena membantu pemerintah desa dalam rangka percepatan pembangunan sarana pendukung pertanian bagi kebutuhan masyarakat petani di desa.

“Alhamdulillah kami merespons kehadiran TMMD. Karena memang program yang dilaksanakan sangat perlu untuk desa dan sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat,” katanya Kepada Berita11.com di Desa Kananga, Kamis (20/4/2017).

Pembangunan jalan ekonomidi desa setempat saat ini sedang dikerjakan personil TMMD bersama masyarakat. Pada pertengahan masa bakti, progres pembangunan sudah mencapai 716 meter atau 75 persen dari total volume pengerjaan sepanjang 1.250 meter yang berlokasi di SoTolo Ngabo Dusun 1. Namun untuk penimbunan dan pengerasan jalan menunggu material kering sehingga bisa dilewati truk dan kendaraan berat.

"Apalagi di desa kita masih membutuhkan pembukaan jalan ekonomi baru. Sebelum TMMD mulai dilaksanakan di desa kita sudah melakukan sosialisasi di berbagai kesempatan. Kita juga perintahkan masyarakat di sekitar pembangunan agar bergotong-royong. Sebab itu untuk kepentingan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, petani di sekitar lokasi,  M. Saleh Abdullah (50) menuturkan pembukaan jalur baru tersebut memudahkan petani mengangkut hasil pertanian karena  dapat dilewati oleh kendaraan bermotor. Sebelumnya hasil pertanian hanya bisa dibawa dengan cara dipikul.

“Dulu untuk bawa gabah kita pikul sampai ke jalan. Sekarang karena ini sudah dibangun kita petani tidak terlalu capek. Saya kira apa yang dilakukan TNI sangat membantu di sini,” katanya. (ID)

No comments