Breaking News

Aktiviitas Vulkanik Meningkat, Status Sangiangapi Waspada

Pola Aktivitas Vulkanik yang Terekam Dalam Seismograf/ Ist


Bima, Berita11.com— Aktivitas vulkanik Gunungapi Sangiangapi Kecamatan Wera Kabupaten Bima meningkat. Pos Pengamatan Gunungapi Sangeangapi  merekomendasikan agar masyarakat sekitar dan pengunjung atau wisatawan tidak mendekati gunung atau tidak beraktivitas dalam radius 1,5 kilometer dari pusat aktivitas Gunungapi Sangeangapi.

Dari press release yang disampaikan Pos Pengamatan Gunungapi Sangeangapi, masyarakat sekitar Gunungapi dan pengunjung agar mewaspadai bahaya aliran piroklastik serta tidak diperbolehkan mendekati dan tidak beraktivitas di daerah antara Lembah Sori Wala dan Sori Mantau hingga mencapai pantai serta pada Lembah Sori Boro dan Sori Oi.

Selain itu, masyarakat, petani dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati atau beraktivitas pada semua lembah sungai yang berhulu dari pusat aktivitas puncak Gunungapi Sangeangapi untuk menghindari potensi ancaman bahaya aliran lahar yang mungkin terjadi pada saat hujan.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi, Meteorologi dan Geologi, secara visual asap kawah tidak teramati. Sementara intensitas hembusan mencapai 6 dengan amplitudo 2-55 mm dan durasi 7-35 detik. Gempa Tremor Harmonik yang teramati yaitu dengan intensitas 1 kali, amplitudo 9 mm dan durasi 135 detik, sementara gempa Tektonik Jauh dengan intensitas 2 kali, amplitudo 11-60 mm dan durasi 135 detik. (AN)

No comments