Antisipasi Banjir Bandang, SMPN 2 Siapkan Data Digital

Iklan Semua Halaman

.

Antisipasi Banjir Bandang, SMPN 2 Siapkan Data Digital

Redaksi Berita11
Sabtu, 27 Mei 2017
Kepala SMPN 2 Kota Bima, Yusuf Ahmad, S.Pd. Foto Berita11.com

Bima, Berita11.com— Mengantisipasi potensi banjir bandang terulang di Kota Bima, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Kota Bima akan menyiapkan data digital. Upaya tersebut dilakukan sekolah karena banyak data dan dokumen penting yang rusak direndam banjir akhir Desember 2016 lalu.

Kepala SMPN 2 Kota Bima, Yusuf, S.Pd mengatakan, sesuai rencana, penyiapan data induk (data base) sekolah dalam bentuk digital akan dilaksanakan paling lambat tahun 2018 mendatang. Sekolah telah menyiapkan angggaran jutaan rupiah untuk digelontorkan mendukung sistem informasi akademik sekolah.

“Target kami paling telat tahun 2018 itu kami sudah memiliki data induk dalam bentuk digital atau data base,” ujar Yusuf kepada Berita11.com di SMPN 2, Kamis (25/5/2017).

Diakui Yusuf, peristiwa banjir bandang yang melanda Kota Bima beberapa bulan lalu merupakan pengalaman penting bagi sekolah setempat. Karena banyak data penting milik sekolah yang hanyut dan rusak karena direndam banjir seperti data induk kesiswaan, data sekolah dan dokumen lain.

“Dampaknya kami rasakan sekarang saat menyiapkan administrasi untuk akreditasi sekolah. Kami sangat kesulitan karena banyak data yang rusak dan hanyut oleh banjir. Maka kami sudah memikirkan harus memiliki data induk berbasis digital atau sistem informasi,” katanya. (US)