Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadhan, Pemkot Gelar Pasar Murah

Iklan Semua Halaman

.

Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Ramadhan, Pemkot Gelar Pasar Murah

Rabu, 24 Mei 2017
Kegiatan Pasar Murah di Lapangan Serasuba Kota Bima. Foto Hamid.

Kota Bima, Berita11.com— Mengantisipasi kenaikan harga  kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan, Pemerintah Kota Bima melaksanakan operasi pasar murah di lapangan Serasuba  Kota Bima, Rabu (24/5/2017) pagi.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan  Kota Bima, Nurjanah, mengatakan kegiatan pasar murah merupakan program Diskop Provinsi NTB yang digelar secara serentak di seluruh kabupaten dan kota selama sehari. Pasar murah melibatkan beberapa OPD dan distributor penyedia kebutuhan pokok masyarakat.

“Ini serentak se-NTB. Kita diinstruksikan menggelar pasar murah. Yang terlibat OPD pada sektor penyedia kebutuhan pokok seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan,” ujarnya kepada Berita11.com di lapangan Serasuba.

Ia menjelaskan subsidi harga hanya diberikan untuk tiga jenis kebutuhan pokok,  yaitu lima kilogram beras,  satu kilogram gula pasir  dan satu liter minyak goreng.  Tujuannya, meningkatkan animo masyarakat mengunjungi pasar selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah.

Nurjanah mengatakan, Diskoperindag Kota Bima telah melaksanakan kegiatan yang sama pada lima kecamatan di Kota Bima, yaitu  Kecamatan Rasanae Barat,  Asakota,  Mpunda, Raba dan  Rasanae Timur. Pasar murah merupakan agenda tahunan yang rutin diselenggarakan pemerintah.

“Hari ini di Kecamatan Mpunda, tinggal Rasanae Timur dan Raba yang terakhir. Jadi ini untuk mengantisipasi gejolak harga yang memicu terjadinya inflasi jelang Ramadhan,” katanya

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Rahmani (30) mengatakan  pasar murah  yang digelar pemerintah membantu masyarakat menekan pengeluaran. Karena harga yang ditawarkan penjual lebih murah.

“Saya tahu dari informasi yang diumumkan di kelurahan. Jadi saya ke sini, saya belanja gula, di sini harganya lebih murah dan kualitasnya sama dengan di toko-toko,” katanya. (ID)