Breaking News

Bakesbangpol Akui Peran FKDM dan Kominda Cegah Konflik belum Maksimal

Ilustrasi.


Bima, Berita11.com— Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bima mengakui peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) dalam mencegah konflik di Kabupaten Bima belum maksimal. Apa saja penyebabnya?

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Bima, Drs Ishaka menyebut, salah satu penyebab utama peran FKDM dan Kominda belum maksimal karena kendala anggaran. Selain itu, skuad forum dan komunitas tidak menyebar hingga seluruh wilayah, sehingga upaya pencegahan belum maksimal.

“Salah satu kendala terbesarnya memang masalah anggaran. Itu menjadi alasan utama kita,” kata Ishaka di kantor Bupati Bima, Rabu (10/5/2017)

Meskipun upaya pencegahan belum maksimal, menurut mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima ini, koordinasi lintas antar aparat, forum maupun komunitas tetap intens. Bahkan hampir setiap bulan Kominda tetap melaksanakan rapat koordinasi membahas berbagai dinamika dan potensi permasalahan di Kabupaten Bima.

Khusus menengai masalah konflik antara Desa Laju dengan Desa Tolouwi Kecamatan Monta Kabupaten Bima murni disebabkan tindakan kriminal pencurian disertai kekerasan. Hal itu kadang sulit diprediksi.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan oleh aparat hanya dengan meningkatkan pengawasan pada jalur-jalur strategis seperti lokasi wisata yang dilalui korban. (US)

No comments