Breaking News

Bupati Bima Cek Kondisi Ril Pasca Seleksi Perangkat Desa, ini Hasilnya

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri dan Wabup Dahlan saat Mendengarkan Penjelasan Kades.


Bima, Berita11.com— Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) melakukan safari di sejumlah desa yang melaksanakan seleksi perangkat desa belum lama ini, Minggu (21/5/2017). Kegiatan ini untuk mengetahui kondisi ril di lapangan pasca seleksi.

Untuk mengefektifkan waktu, Bupati Bima membagi rombongan menjadi empat tim yang menyasar  sejumlah kecamatan. Bupati IDP memimpin langsung rombongan tim 1 yang menyasar sejumlah desa di Kecamatan Palibelo, Belo dan Kecamatan Woha.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima, H Abdul Wahab, SH, M.Si menyebutkan, berdasarkan hasil penyerapan aspirasi oleh tim di tiga kecamatan tersebut Pemkab Bima diketahui bahwa tidak ada masalah selama proses ujian dan pasca ujian.

“Hampir semua Kades dan Ketua Panitia Penjaringan melaporkan tidak ada masalah yang terjadi di desa mereka baik pada saat ujian berlangsung maupun pasca ujian,” ujar Wahab melalui siaran pers Pemkab Bima, yang diterima redaksi Berita11.com Minggu (21/5/2017) malam.

Saat tim menyasar dan menyerap aspirasi, kepala desa dan panitia menyatakan telah mengajukan permohonan rekomendasi pengangkatan dari para camat. “Lebih tegas lagi tujuh kepala desa di Kecamatan Woha yang menyelenggarakan seleksi perangkat telah menyatukan persepsi untuk melantik. Bahkan secara serentak dalam waktu dekat,” ujar Wahab.

Mengenai dinamika pasca ujian, sejumlah Kades dan panitia melaporkan bahwa masalah itu merupakan hal biasa. Bahkan ria-riak itu bukan berasal dari peserta seleksi. Namun sejumlah pihak yang tidak berkepentingan langsung dengan seleksi. Para Kades dan panitia juga menegaskan tidak terpengaruh dengan dinamika itu karena proses seleksi telah dilaksanakan secara fair.

Bupati IDP menyatakan, kehadirannya di sejumlah kecamatan hanya untuk memastikan dan mendengar langsung para Kades dan panitia apa yang terjadi pada proses pelaksanaan seleksi perangkat desa.

Jika pun tidak ada masalah pada proses rekrutmen perangkat desa, maka direkomendasikan agar diproses untuk tahap selanjutnya sehingga para perangkat yang dinyatakan lulus dapat membantu berbagai tugas untuk pembangunan desa.

Mengenai permasalahan seleksi perangkat desa di sebagian desa, Bupati IDP menyerahkan masalah itu kepada aparat. “Kita serahkan urusan itu pada aparat,” katanya seperti dikutip Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, H Abdul Wahab, SH, M.Si.

IDP berharap agar semua pihak senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyaraka. Tidak memaksakan kehendak dan pendapat sendiri. Namun juga menghargai pendapat dan kehendak orang lain.

Saat kunjungan ke Kecamatan Palibelo, Woha dan Belo, Bupati IDP didampingi Kepala BKD Drs H. Abdul Wahab, MM., Kadis Kominfostik Kabupaten Bima,  H. Abdul Wahab Usman, SH, M.Si., Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Bima, Hj. St. Maesyarah, SE dan sejumlah pejabat lain. Selain para pejabat eselon II pertemuan dengan Kades dan panitia juga dihadiri camat, Musyawarah Pimpinan Kecamatan dan sejumlah pihak terkait di desa. (AN)



No comments