Breaking News

Jangan hanya Bawa Barangnya, tapi Orangnya Dilupakan

Produk Kerajinan Tenun di Kota Bima/ Foto US Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Ketua Kelompok Tenun Mekar Sari Rabadompu Barat, Siti Halimah mengkritik sikap Pemerintah Kota Bima. Masalahnya saat kegiatan pameran hasil kerajinan di luar daerah, dinas terkait cenderung hanya membawa produk kelompok tanpa membawa serta pengrajin atau pengurus kelompok.

“Kerap kali kalau ada pameran di luar daerah yang berangkat hanya para pegawai saja. Tapi kami tidak diikut sertakan. Hanya produk kami yang dibawa. Padahal yang bisa menjelaskan proses produksi dan keunggulan produk itu adalah kami,” ujar Halimah kepada Berita11.com di Rabadompu Barat, belum lama ini.

Wanita yang sudah puluhan tahun menggeluti usaha konveksi dan kerajinan lokal ini berharap Wali Kota Bima memerhatikan geliat usaha UKM. Untuk itu, harus mengutamakan para pelaku usaha jika ada kegaitan di luar daerah. “Bagaimana bisa berkembang kalau yang berangkat keluar daerah lebih banyak pegawai. Sementara kami pelaku usaha tidak dibawa,” katanya.

Ibu empat anak ini juga berharap, semakin banyak stand saat kegiatan pameran di dalam dan luar daerah yang dapat memajam produk kerajinan UKM, sehingga dapat berkembang. Secara umum, pemasaran produk kerajinan seperti usaha konveksi seperti tenun tradisional lebih banyak mengandalkan sosial media seperti facebook. Namun akan terarah dan lebih maksimal jika pemerintah juga berupaya menyiapkan website untuk para pelaku UKM bertransaksi. (US)

No comments