Breaking News

Kodim Dompu Gelar Latihan Posko

Kegiatan Latihan Posko 1 di Kodim 1614 Dompu. Foto Syahrul Berita11.com


Dompu, Berita11.com— Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu, Senin (15/5/2017) menggelar latihan posko tahun 2017 bersama istansi dan SKPD terkait. Kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan TNI dalam membantu pemerintah dalam menangani bencana alam.

Kegiatan juga merupakan bagian dari rangkaian program tahunan yang dicetus oleh Komando Resor Militer (Korem) 162 WB.

Kepala Seksi Ops  Korem162 WB,  Mayor Infantri Komang Agus, kepada sejumlah wartawan mengatakan, tujuan dari latihan posko ini adalah untuk melihat bagaimana prosedur antara Komandan dan staf di jajaran Kodim 1614 Dompu."Kami selaku pihak Korem akan melatih dan menilai seperti apa prosedur kerja di jajaranya Kodim 1614 Dompu,”  jelasnya.

Komang Agus menyebutkan, prosedur hubungan antara komandan dan staf harus jelas. Apalagi di Kodim 1614 Dompu ini memiliki lima staf termasuk staf intel dan seksi lain. “Kami akan menilai seperti apa Komandan (Dandim) akan memberikan perintah kepada stafnya. Dan kami pun juga akan menilai seperti apa staf menjalankan perintah dari komandanya tersebut, “ terangnya.

Khusus kali ini,  materi latihan posko yang dilaksanakan yaitu tentang penanggulangan bencana alam. Sehingga,  lewat kegiatan seperti ini Kodim 1614 Dompu sigap dan mengetahui apa saja tugas dan tanggungjawab yang harus dilaksanakan ketika terjadinya bencana alam di daerah.

“Item inilah yang kami fokuskan saat ini mengingat Dompu rawan sekali terjadi bencana banjir dan longsor. Maka itu target kami bagaimana menyiapkan Kodim, apabila terjadi bencana alam bagimana cara koordinir antara stafnya dan melakukan koordinasi dengan istansi seperti Polres, Tagana dan SKPD terutama BPBD, PMI serta lainya,” tukas Komang Agus.

Ditambahkannya,  latihan posko satu hanya meliputi kegiatna lintas hubungan antara komandan dan staf khusus interen di humas saja. Sementara untuk tingkat selanjutnya yaitu latihan posko dua yang dilaksanakan secara langsung di lapangan.

“Latihan posko dua akan lebih dilakukan secara langsung di tempat kejadian perkara. Sementara hubungan dengan istansi dan SKPD yaitu dilakukan secara tatap muka guna membahas mengenai kegiatan penanggulangan bencana alam. Inilah alasan kenapa dalam kegiatan ini kami mengikutsertakan dan mengundang istansi dan SKPD terkait,” tuturnya.

Berapa lama kegiatan latihan posko ini berlangsung?  Sesuai rencanan, kegiatan akan berlangsung selama tiga hari. “Dua hari latihan posko staf. Satu harinya dinamika dengan memanfaatkan hate untuk berkoordinasi terutama dengan istansi dan SKPD terkait penanggulan bencana alam,” tandasnya.

Sebelumnya kegiatan yang berlangsung di markas Kodim 1614 dihadiri langsung oleh istansi dan SKPD terkait yang ada di lingkup Pemerintahan Kabupaten Dompu. Kegiatan juga dihadiri jajaran Korem 162 WB. (RUL)

No comments