Breaking News

Legislatif Intip Program Dinas, Empat SKPD di Dompu Mangkir

Drs Muhtar/ RUL Berita11.com

Dompu, Berita11.com— Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu menggelar rapat  evaluasi penyerapan anggaran melalui program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Selasa (9/5/2017) pagi. Sayangnya tak semua SKPD menghormati rapat tersebut. Empat dinas bahkan mangkir dari agenda legislatif.

Sejumlah SKPD yang tak hadir pada rapat evaluasi tersebut yaitu Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM), Dinas Kebudayaann dan Pariwisata, Dinas Pertanian dan Dinas KPHL.

Sejumlah pejabat SKPD di Kabupaten Dompu yang hadir hanya perwakilan dari Dinas Penanaman Modal, Dinas Komunikasi dan Informatika.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Dompu, Drs Muhtar mengatakan, rapat evaluasi yang digelar legislatif bertujuan untuk mengetahui penyerapan anggaran oleh SKPD guna memastikan tepat sasaran seperti rencana kerja.

“Hari ini kami menggelar pertemuan dengan sejumlah perwakilan SKPD untuk melakukan evaluasi hasil penyerapan anggaran dari pemerintah,” ujar Muhtar.

Rapat evaluasi bersama SKPD merupakan bagian dari evaluasi triwulan pertama dan konsultasi pembahasan LKPJ Bupati Dompu tahun 2016. Legislatif berperan memantau kesesuain perencanaan program dengan kondisi ril di lapangan.

Berdasarkan hasil evaluasi legislatif, DPRD Kabupaten Dompu menemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan SKPD. Hanya saja legislatif memberikan waktu kepada pemerintah untuk membenahi setiap catatan legislator.

Kendati demikian, setiap pelanggaran terberat oleh pemerintah tetap ditindaklanjuti DPRD dengan menerapkan sanksi pemangkasan anggaran bagi program SKPD yang tidak tepat sasaran atau tidak efektif.

“Item (pelanggaran) tersebut tetap ada. Hanya saja, pelanggaran yang ditemukan tentu ada kebijakan dan saran yang harus diperbiki oleh SKPD tersebut. Kami tetap memberikan sanksi ketika ada pelanggaran. Salah satunya memangkas anggaran SKPD,” kata Muhtar.

Walaupun sejumlah SKPD memilih mangkir dari agenda dan undangan rapat evaluasi. 
Komisi II DPRD Kabupaten Dompu tetap mengagendakan rapat evaluasi dengan sejumlah SKPD lain pada beberapa hari mendatang.

Sejumlah SKPD yang akan diundang yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pendapatan Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Perhubungan,  Dinas Perkebunan, Kantor Ketahanan Pangan, Bagian umum dan Pos Anggaran Setda Kabupaten Dompu, Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan serta PDAM Dompu. (RUL) 

No comments