Breaking News

Massa FPMKH Desak Perusahaan Keruk PT STM Transparan Utamakan Tenaga Lokal

Ilustrasi.

Dompu, Berita11.com— Puluhan pemuda yang menamakan diri Fron Persatuan Masyarakat Kecamatan Hu’u menggelar aksi di depan basecamp perusahaan keruk PT STM di Desa Hu’u, Kamis (18/5/2017) pagi. Massa menyampaikan sejumlah tuntutan kepada perusahaan.

Koordinator massa, Syarifuddin alias Bimbim mendesak PT STM agar memprioritaskan kontraktor dan tenaga kerja lokal sesuai komitmen awal perusahaan keruk tersebut sebelum memulai aktivitas eksplorasi.

Baca Juga:

Bimbim juga meminta agar PT STM transparan dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan perusahaan tambang, mulai dari kegiatan prospeksi, eksplorasi, studi kelayakan (FS), pengelolaan lingkungan hingga rencana eksploitasi.

Selain itu, mendesak perusahaan keruk agar berkomitmen melaksanakan program pemberdayaan, pembangunan ekonomi, sosial budaya dan lingkungan untuk komunitas lingkar tambang (comunity development) sebagai bagaian dari bentuk tanggungjawab sosial (Coorporate Resposibility/ CSR) perusahaan.

“Semua kegiatan dan aktivitas tambang PT STM terkesan tertutup tanpa diketahui oleh masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Hu'u. Hal ini memunculkan pertanyaan bagi masyarakat Kecamatan Hu'u ada apa di balik aktivitas tersebut,” ujar Bimbim.

Ia menilai, selama ini PT STM belum melaksanakan kegiatan pemberdayaan sebagai bentuk komitmen perusahaan melaksanakan program CSR.

Seperti diketahui beberapa bulan sebelumnya, beberapa pejabat PT STM pernah melaksanakan sosialisasi tentang program dan progres kegiatan perusahaan tambang mineral sulfida tersebut  di aula kantor Bupati Dompu. Termasuk rencana jangka menengah dan jangka panjang aktivitas perusahan seperti rencana feasibility study dan rencana eksploitasi yang akan dimulai paling cepat tahun 2023 serta rincian kucuran dana CSR yang mencapai miliaran per tahun untuk komunitas masyarakat lingkar tambang Hu’u. (RUL)

No comments