Breaking News

Mimpi Sujati Tiga Ananda Menciptakan Aplikasi untuk Pendidikan

Bima Foto Bersama Kerabat Usai Wisuda STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (6/5/2017). US


Bima, Berita11.com— Berbekal ilmu pengetahuan yang diperoleh dari bangku kuliah, wisudawan terbaik angkatan ke-X tahun 2017 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, Sujati Tiga Ananda bertekad menciptakan sejumlah aplikasi untuk membantu dunia pendidikan di Kabupaten Bima.

Apikasi yang hendak diciptakan Bima yaitu sistem informasi menajamen seperti sistem nilai online (SINO) maupun basis data (data base) untuk perpustakaan sekolah yang bisa diintegrasikan secara online melalui website sehingga bisa diakses melalui aplikasi berbasis android. Target lain menciptakan sistem kelas virtual seperti edmodo yang dikembangkan Siamolek.

Baca Juga:

Selama menempuh kuliah pada Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informasi, Bima mengaku sudah memperoleh banyak pengetahuan tentang berbagai framework website dan data base seperti My Sql, PHP, Java Script (JS). Bahkan rata-rata mahasiswa PTI memiliki kemampuan menggunakan CSS dan HTML, SASS/LESS, bootsrap, jQuery, Selenium, Codelgniter dan berbagai framework lain.

Ketika kualiah, Bima sudah terbiasa menggunakan bahasa pemograman yang dikembangkan Microsoft yaitu Visual Basic (VB). “Kalau program atau aplikasi yang saya buat  ada satu atau dua program. Cuma sebatas tugas besar kuliah. Sekarang saya coba mengembangkan aplikasi berbasis Visual Basic,” katanya kepada Berita11.com usai prosesi rapat senat terbuka Wisuda angkatan ke-X STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (6/5/2017).

Anak sulung dari empat bersaudara ini mengaku prihatin melihat sistem pendidikan di Kabupaten Bima yang belum ramah IT. Meskipun beberapa sekolah menengah atas sudah mulai melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun sebagian sekolah belum ramah IT. Hal itu terlihat dari beberapa sekolah yang berat menerapkan e-learning. Padahal tuntutan jaman setiap pendidik harus menguasai teknologi.

Bima yakin dengan adanya alumnus PTI STKIP Taman Siswa Bima, maka akan muncul komunitas alumnus yang siap membantu sekolah-sekolah. Karena para alumni memiliki kepedulian dalam memajukan dunia pendidikan.

“Untuk pendidikan yang berbasis online. Jadi khusus Kabupaten Bima masih terkendala dengan dunia IT terutama masih satu atau dua sekolah yang melaksanakan pembelajaran E-learning. Namun saya yakin dengan adanya jurusan PTI akan muncul mahasiswa yang kreatif, inovatif yang dapat membantu pendidikan,” ujar alumnus Program Keahlian TKJ SMKN 2 Kabupaten Bima ini.

Sebelum membantu pengembangan sistem informasi sekolah di Kabupaten Bima, pria kelahiran Padolo 4 Agustus 1994 ini memiliki target akan membantu merampungkan pembenahan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) kampus STKIP Taman Siswa Bima, khususnya untuk layanan pembayaran iuran kuliah secara online (daring).

Proyek tersebut ditangani secara sederhana tanpa menggunakan berbagai frameword berat maupun basis data My Sql. Namun akan menggunakan aplikasi sederhana MS. Acces. 

“Untuk basis data yang saya buat, saya buat basis data yang sederhana yaitu Aacces.  Untuk sistem informasi sebagian saya coba belajar otodidak,” ujar alumnus yang didaulat menyampaikan pesan dan kesan wisudawan angkatan ke-X STKIP Taman Siswa Bima ini. (US)

No comments