Breaking News

Passing Grade UKG Nol, Alumnus Kampus Diminta tak Berhenti Belajar

Prosesi Wisuda Angkatan ke-X STKIP Taman Siswa Bima. Foto US Berita11.com

Bima,  Berita11.com— Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan M.Nor, M.Pd mengungkapkan keheranannya terhadap nilai terendah atau passing grade Uji Kompetensi Guru (UKG) di Kabupaten Bima yang hanya mencapai nol. Padahal nilai rata-rata kelulusan siswa mampu mencapai enam. Hal tersebut disampaikan Dahlan saat wisuda angkatan ke-10 STKIP Taman  Siswa Bima, Sabtu (6/5/2017) lalu.

Untuk itu, Dahlan meminta para mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima yang diwisuda tak berhenti belajar kendati sudah lulus dari perguruan tinggi.

Dahlan mengungkapkan dari 10 provinsi yang ada di NTB, UKG Kabupaten Bima merupakan yang terendah. Fakta mencengangkan itu juga terjadi pada saat proses perekrutan atau pengangkatan 100 guru garis depan. Dari Kabupaten Bima yang diterima hanya satu orang.

“Hasiln tes, 90 persen lain adalah orang di luar Kabupaten bima. Ini adalah tantangan bagi orang-orang pendidik,” ujar. Mantan guru SMPN 14 Jakarta tahun 1979 hingga 1987 ini.

Menurut Dahlan, walaupun sudah menjadi sarjana, para alumnus kampus tak boleh berhenti belajar. “Pasca wisuda harus ditingkatkan, kemauan belajar itu tidak berhenti sampai sini, tapi berlanjut kalau punya kemauan belajar yang tinggi akan bisa,” katanya.

Diakuinya, saat ini Kabupaten Bima dalam situasi kurang stabil. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Bima bekerja keras untuk meningkatkan kemakmuran rakyat. Setiap pendidik atau guru harus bertindak profesional dan menjadi teladan bagi banyak orang.

“Kalau kita tidak mengangi secara baik. Siapa guru, pendidik profesional yang bertindak tanduk harus mengutamakan kualitas atau mutu?. Belajar dan taat dan menjadi teladan bagi semua,” katanya.

Kendati fakta kualitas pendidik di Kabupaten Bima masih buram, Dahlan tidak menampik peran perguruan tinggi di Kabupaten Bima. “Kalau berbicara kualitas guru-guru di Bima cukup berkualitas tapi belum memadai. Itulah sebabnya Pemkab  Bima akan bekerjasama dengan perguruan tinggi di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu dan UNM,” isyarat mantan ajudan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan jaman Fuad Hasan ini. (US)

No comments