Breaking News

Penataan Arsip di Kota Bima Diaudit oleh Tim Pusat dan Provinsi NTB

Tim Arsip Nasional saat Melaksanakan Uji Petik di KPU Kota Bima.


Kota Bima, Berita11.com— Tim Arsip Nasional (ANRI) dan Arsip Provinsi NTB melaksanakan audit kearsipan terhadap kegiatan penataan arsip di Kota Bima selama dua hari, Selasa (9/5/2017) dan Rabu (10/5/2017).

Kegiatan juga meliputi uji petik terhadap penataaan arsip yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima, di jalan Gajah Mada Kota Bima  dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bima di jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Rabangodu.

Seperti diketahui sebelumnya, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima melakukan pendapingan penataan arsip milik sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Bima dan beberapa lembaga seperti KPU. Karena sejumlah Satker belum memiliki tenaga arsiparis.

Melalui penataan arsip beberapa SKPD dan lembaga tersebut diharapkan beberapa dokumen penting tertata dengan baik, sehingga setiap saat bisa dibuka dengan mudah ketika dibutuhkan. Proses pendampingan oleh DPAD Kota Bima juga meliputi pembinaan penataan kearsipan dengan melakukan digitilalisasi dalam bentuk file terhadap beberapa arsip penting.

Sebelumnya pasca banjir bandang yang melanda Kota Bima, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima juga membuka posko penanganan arsip bagi seluruh SKPD, masyarakat umum dan pemerintah kelurahan. Beberapa arsip penting mulai dari buku induk sekolah, ijazah dan beberapa dokumen penting ditangani oleh tim arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima, Dra. Hj Sri Ratnawati, MH mengatakan, setelah proses uji petik pada KPU dan BKD Kota Bima, tim audit arsip dari pusat dan provinsi NTB memaparkan sementara hasil audit kearsiapan di Kota Bima.

Setelah itu, tim juga menyerahkan hasil sementara audit kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima. (US/*)






No comments